SOR Si Jalak Harupat Paling Komplet di Kawasan Bandung

KABUPATEN Bandung terus menggeber SOR Si Jalak Harupat  di Kecamatan Kutawaringin yang masih satu kompleks dengan Stadion Si Jalak Harupat. Sarana olehraga sebagain telah tuntas dan dipakai untuk PON XIX pada September 2016.

Tadinya tak banyak yang tahu di kawasan Stadion Si Jalakharupat terdapat sarana olahraga lain. Orang lebih mengenal di kawasan ini hanya terdapat stadion sepak bola saja. Stadion ini setelah sering digunakan Persib untuk menjamu tim lawan dalam Liga Super Indonesia semakin terkenal ke seluruh Indonesia bahkan Asean.

sor si jalak harupat
Maket SOR SI Jalak Harupat. | Foto serbabandung.com

Untuk membangun saran tersebut Pemkab Bandung mengeluarkan kocek sekitar Rp 102 miliar. Gedung olahraga yang digunakan untuk pertandingan voli indoor saat PON bisa digunakan untuk cabang olahraga indoor lainnya seperti bulu tangkis, sepak takraw, tenis meja dan basket.

Di sana juga berdiri gedung gymnasium, gedung bela diri, kolam renang yang digunakan pertandingan polo air PON XIX, dan lapangan hoki. Tak jauh dari sana ada sarana olahraga untuk panjat dinding, lapangan sofbol, dan lapangan panahan.

Fasilitas outdoor sport seperti tenis lapangan, stadion atletik, dan lapangan bola voli pasir akan melengkapi kompleks olahraga tersebut. Rencanaya di kawasan ini pun bakal ada asrama atlet. Ketika PON berlangsung sarana tersebut belum terlihat akan dibangun.

Lahan yang digunakan SOR Jalak Harupat sudah mencapai 64 hektare. Lahan tersebut di antaranya digunakan untuk arena kolam renang sekitar 6 hektare, dan lapangan olahraga indoor seluas 4 hektare. Untuk keseluruhan kompleks olahraga ini butuh 131 hektare. Asrama atlet rencananya akan dibangun  di seberang jalan Stadion Si Jalak Harupat.

Pendanaan sarana olahraga ini meruapakan bantuan dari pusat dan provinsi. Pemkab Bandung sendiri  mengalokasikan dana pendamping sebesar Rp 5 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk penyusunan Detail Engineering Design ( DED) atau sering disebut dengan bestek dan pembebasan lahan.

Bakal Ada Interchange Tol di Kawasan SOR Si Jalak Harupat

Adapun akses yang sering dikeluhkan akan  teratasi jika tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) tuntas.  Tol ini akan memudahkan akses ke kawasan tersebut karena akan ada interchange. Soroja dibangun juga untuk mengurangi kemacetan yang sering melanda Jalan Kopo-Soreang. *

Sumber: Dari berbagai sumber

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.