Siap-siap, Bakal Ada CFN Asia Afrika

SIAP-siap di Kota Bandung mulai Sabtu (16/5/2015) akan ada yang baru. Jalan Asia Afrika yang kini sudah menjadi destinasi para pelancong bakal menjadi daerah kawasan tanpa mobil alias car free night (CFN). CFN Asia Afrika akan berlanjut car free day (CFD)

CFN dan CFD di Jalan Asia Afrika bakal diuji coba pada 16-17 Mei 2015. Waktunya mulai Sabtu mulai pukul  18.00 hingga Minggu pukul 11.00. Rencananya bakal digelar setiap minggu. Kawasan yang menjadi CFN dan CFD adalah Jalan  Asia Afrika mulai dari depan Hotel Preanger sampai belokan Jalan Cikapundung Timur/Kantor PLN.

Pemerintah Kota Bandung berniat mengadakan CFN dan CFD untuk memfasilitasi keinginan warga yang terus membeludak mengunjungi jalan ini seusai peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika. Warga bisa berfoto ria di kawasan ini sepuas seminggu sekali.

Jalan Asia Afrika Bandung bakal ada Car Free Night and Day | Foto serbabandung.com
Jalan Asia Afrika Bandung bakal ada Car Free Night and Day | Foto serbabandung.com

Menurut Ridwan Kamil, dikutip dari Tribun Jabar, Jumat (15/5/2015),  konsep CFN dan CFD berbeda dengan yang di Dago, Jalan Merdeka, dan Jalan Buahbatu. Semua kegiatan di sini, kata Emil, sapaan Ridwan Kamil, harus memperoleh izin dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.

Masih di Tribun Jabar, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Herlan JS mengatakan sepanjang Jalan Asia Afrika tidak boleh ada kendaraan, dan tidak boleh ada pedagang. Pedagang kuliner rencananya akan ditempatkan di Cikapundung Barat.

Yang menarik, CFN dan CFD di Jalan Asia Afrika tiap dua minggu sekali temanya terus berubah. Untuk uji coba Sabtu (16/5/2015), Pemkot mengambil tema Bandung Zaman Baheula. “Bisa jadi nanti temanya tema topeng. Jadi semua pengunjung memakai topeng,” kata Herlan seperti dikutip Tribun Jabar.

Untuk persiapan uji coba Pemkot telah mempersiapkan tempat parkir untuk kegiatan CFN dan CFD ini. Tempat yang disiapkan untuk parkir adalah Basement Alun-alun, Kings Shoping center, ex Palaguna, Jalan Dalem Kaum, Jalan Cikapundung Barat, Lengkong Kecil dan Braga Pendek.

Karena kegiatan ini akan menutup jalan sebagian Jalan Asia Afrika ada ada tiga Angkot (Angkutan Kota) yakni jurusan Cipagalo-Sederhana, Gedebage-ST.Hall dan Elang-Cicadas yang akan terkena dampak rekayasa arus lalu lintas.

Bus Damri dan TMB jurusan Cicaheum-Cibereum pun  harus melalui rute berbeda, yakni ke  Simpang Lima-Jalan Asia Afrika-Lengkong Besar-Pungkur-Dewi Sartika-Dalem Kaum-Alun alun timur-Asia Afrika Jalan Banceuy/Sudirman. (*)

Sumber: Tribun Jabar edisi Jumat (15/5/2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.