Serabi Khas Bandung yang Mengundang Selera dan Enak

SIAPA yang tidak tahu serabi? Aneh rasanya jika ada yang tidak tahu. Makanan tradisional Jawa Barat banyak yang menjualnya di tepi jalan hampir di semua penjuru Kota Bandung.

Para pedagang penganan  ini memiliki kekhasan sendiri. Mereka membuatnya  di penggorengan yang terbuat dari keramik. Kemudian dibakar di atas tungku dengan menggunakan suluh dari kayu.

Serabi adalah camilan yang telah lama beredar di bumi Jawa Barat. Meski penganan  bisa didapatkan di daerah lain, serabi asli Jawa Barat lebih tebal dan memiliki rasa gurih yang khas.

Memasak serabi. | Foto serbabandung.com serbabandung
Memasak serabi. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Pengana yang terbuat dari tepung beras ini  dijual di Badung memiliki ciri khas lainnya dan ini yang paling top yakni toppingnya yang menggunakan oncom. Selain oncom,  di sini tanpa menggunakan topping, namun tetap saja mantap. Apalagi saat makannya menggunakan kuah manis yang terbuat dari gula merah. Orang Sunda menyebutnya kinca.

Yang lebih khas lagi bagian bawah makanan ini  menghitam karena pembakaran. Bagian ini  kadang menjadi favorit bagi sebagian penikmatnya. Bagian ini lebih keras dari bagian lain. Rasanya sedikit pahit.

Sekarang penganan ini rasanya lebih bervariasi. Tak hanya ber-topping oncom tapi bermacam-macam seperti rasa stroberi, rasa keju, rasa cokelat dan masih banyak lagi. Bahkan sebuah rumah makan di Bandung menawarkan 100 macam serabi.

Makanan yang terbuat dari tepung beras dicampur parutan kelapa ini sekarang tak hany dijual di jalanan ketika subuh hingga pagi. Sekarang banyak kafe atau rumah makan yang menjual jajanan tradisional ini.

Salah satu yang terkenal adalah surabi imut di Jalan Setiabudi yang  memiliki 23 varian rasa. Kemudian di Jalan Cikutra, dekat Pasar Cikutra. Makanan tersebut di sini terdiri dari  tiga rasa yakni  polos, oncom, dan telor.

Yang patut dicoba adalah Radja Surabi di Jalan Pluto Raya No. 1 Margahayu Raya. Jangan lupa juga serabi Cihapit di Jalan  Cihapit.  Yang paling enak di sini adalah  serabi oncom. *

Penjual Serabi di Bandung

  • Jalan Setiabudi
  • Imut Jalan Setiabudi
  • Jalan Cikutra
  • Dekat Pasar Cikutra
  • Si Jalan Pluto Raya No. 1 Margahayu Raya
  • Di Jalan  Cihapit

Kalau ingin menambahkan tempat penjual penganan lezat di Bandung silakan isi di boks komentar di bawah ini.

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Satu tanggapan untuk “Serabi Khas Bandung yang Mengundang Selera dan Enak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.