Sate Madura Cak Masiri di Jalan Kembang Sepatu

BAGI yang sering melewati Jalan Kembang Sepatu, Kota Bandung, pasti sudah mafum dengan harum sate di kawasan tersebut. Asap mengepul  dari pembakaran sate menjadi pemandangan biasa setiap sore hingga malam. Tenda itu berada di antara hiruk pikuk arus lalu lintas yang termasuk padat di sana. Tampak seseorang tengah membakar sate di pembakaran yang berada di samping roda sate madura. Dia membalik-balikkan puluhan tusuk sate di tangannya. Kemudian dijejerkan di atas pembakaran. Sementara kipas angin yang menyala mengipasi arang yang tampak membara di pembakaran.

Tenda sate itu seperti tenda sate Madura lainnya. Sebuah roda bertuliskan nama tenda sate tersebut ditutupi terpal. Namanya Sate Barokah Cak Masiri. Pembakaran berada di samping roda itu. Sementara pembeli disediakan meja panjang dan kursi di dalam tenda tersebut. Tampak ratusan sate disusun rapi  terlihat dari balik kaca roda tersebut.

sate madura cak masiri
Tenda Sate  Cak Masiri. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Sate Madura Ini Tidak Jauh dari Rel KA

Sate Barokah berada tepat di pertigaan Jalan Kembang Sepatu dan Jalan Ahmad Yani. Posisinya tidak jauh dari lintasan kereta api Stasiun Cikudapateuh. Sangat mudah mencarinya karena tenda berada di sisi jalan. Kalau siang di sini banyak penjual sepatu dan penjual perlengkapan polisi dan tentara.

Tenda sate ini buka tiap hati mulai pukul 16.00 hingga sate yang disediakan habis. Setiap hari banyak pembeli rela antre dan menunggu untuk mendapatkan seporsi sate ayam atau kambing. Satu porsi sate Barokah bisa sate dengan nasi atau sate dengan lontong.

Berapa harga satu porsi Sate Barokah? Harganya standar dengan pedagang sate lainnya di Bandung. Satu porsi sate kambing Rp 9.000, sate ayam Rp 8.000 dan lontong Rp 1.000. Harga-harga tersebut bisa saja sudah berubah tergantung pemilik tenda sate tersebut.

Pedagang sate lainnya di Bandung ada  Sate Hadori di Terminal St Hall di Jalan Kebonjati (Jl. Stasiun Timur  No.11-12 Stasiun KA Bandung). Sate ini sudah ada  sejak 1965. Di sini tersedia sate kambing, sate  sapi, sate ayam dan gulai kambing ala Hadorie. Sate Hadorie juga buka di   Trees Cafe Jl. Bungur No.1 Sukajadi Bandung, dan di  Jl. Leumahneundeut (Depan Hotel Garden  Permata) Surya Sumantri Bandung.

Sate H.M Harris juga salah sate penjual sate terkenal di Bandung. Di sini ada sate kambing pakai lemak, sate kambing tidak pakai lemak, sate ati  kambing atau sate ginjal kambing.  Warung sate dan Gule kambing H.M Harris terletak di Jl. Asia Afrika No.  155 Bandung dekat dengan simpang lima. Buka 24 jam.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.