Sate Cilampeni, Sate yang Menawarkan Kelezatan

WARGA Bandung sudah lama mengenal sate-sate leezat, seperti Sate Hadori, Sate Pak Gino, Sate HM Harris, atau sate lainnya. Di Kabupaten Bandung tepatnya di Desa Cilampeni, Kecamatan Katapang, ada sate yang populer sejak lama. Orang menyebutnya Sate Cilampeni.

Sate ini berada di tepi jalan raya Bandung-Soreng, Terusan Kopo No. 556. Kiosnya sangat mudah terlihat dari jalan. Posisinnya tak jauh dari jembatan Citarum. Warung sate ini sudah lama terkenal. Sejak 1990-an, sate ini sudah menjadi buruan warga Bandung dan bahkan dari luar Bandung.

Dari arah Bandung untuk ke warung sate ini tinggal mengikuti Jalan Kopo. Jika dari gerbang Tol Kopo tinggal belok kanan. Ikuti jalan itu sampai menemukan jembatan yang membelah Sungai Citarum. Dari jembatan tersebut Sate Cilampena tinggal beberapa meter lagi.

Ilustrasi sate cilampeni
Ilustrasi Sate Cilampeni. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Kelezatan sate ini masih populer hingga sekarang. Sate ini terus berkembang dan akhirnya membuka cabang-cabang. Sate yang tadinya berada di Kabupaten Bandung merambah ke Kota Bandung. Sate Cilampeni, berdasarkan mesin pencari Google, juga ada di Sate Cilampeni Haji Acu di Jalan Indrayasa, No. 116 Kawasan Cibaduyut, Sate Cilampeni di Jalab Cendana No. 7 Cihapit Bandung, dan Sate Cilampeni di MTC Blok G1, Jalan Soekarno Hatta, No. 590.

Satu di antaranya yang masih terletak di Jalan Kopo-Soreang, terletak tidak jauh dengan Pertigaan Jalan Gading Tutuka dan Pertigaan Stroberi. Namanya Waroeng Sate Cilampeni 3.

Sate Cilampeni Disajikan di Hot Plate

Tempatnya sederhana dan bersih. Seperti warung atau kedai sate lainnya, alat pemanggang sate berasap di bagian depannya sudah terlihat di pinggir jalan. Aroma sate yang khas sangat terasa jika sate yang akan disajikan sedang dibakar di alat pemanggang yang berbahan arang tersebut.

Sate di sini disajikan di atas hot plate seperti di Kedai Sate HM Harris di Jalan Asia Afrika Bandung. Bumbunya terdiri dua jenis bumbu plus acar. Bumbu pertama adalah bumbu kacang dan bumbu kedua campuran kecap dengan irisan bawang, tomat, serta cabai rawit.

Satu tusuk sate daging sapi atau kambing di sini dibanderol Rp 4.500. Untuk setusuk sate ayam berharga Rp 4.000. Satu porsi nasi harganya Rp 6.000. Harga tersebut bisa saja berubah tergantung kebijaksanaan pengelola warung sate tersebut.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.