Rumah Seni Ropih Ada Tempat Pameran di Ruang Bawah Tanahnya

BELUM banyak yang tahu di Jalan Braga ada ruangan bawah tanah yang biasa digunakan seniman dan komunitas seni untuk mengadakan workshop, pameran, atau sekadar berkumpul. Ruangan tersebut berada di Rumah Seni Ropih.

Di bagian depan rumah seni tersebut, bagi yang belum pernah ke sana, seperti toko lukisan biasa. Di sana banyak dipajang lukisan yang bisa terlihat dari jalan. Kebetulan juga tak jauh dari galeri  itu terlihat beberapa penjual lukisan yang menggelar lukisan di sana.

Rumah Seni Ropih
Rumah Seni Ropih Jalan Braga Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Galeri  ini didirikan seniman Ropih Amantubillah yang diresmikan pada Sabtu, 22 Mei 2011. Rumah Seni Ropih tepatnya berada di Jalan Braga Nomor 43. Arsitektur bangunannya seperti kebanyakan gedung lama di Jalan Braga bergaya art deco. Rumah seni hampir bersebrangan dengan gedung tua lainnya, yakni Gedung Gas Negara.

Di rumah seni ini, Ropih menyediakan ruang bagi segala macam kreatifitas dan seni. Harapan Ropih tak hanya pelukis berserta lukisannya yang bisa memanfaatkan galeri ini, tatapi bisa menjabarkan seni dalam bentuk yang lebih luas.

Tempat ini terbuka untuk umum. Sipa pun, seniman atau mahasiswa bisa menggelar pameran karyanya di sini. Komunitas yang telah memanfaatkan tempat ini kira-kira sudah ada 400-an komunitas.

Untuk menuju ke ruang bawah tanah harus menuruni beberapa anak tangga yang terhubung langsung dengan kediaman Ropih. Seni tradisional hingga seni kontemporer pun menyatu di ruangan seluas 1.000 persegi ini. Bisa tari, musik, seni lukis, ataupun patung.

Ropih lahir dari keluarga seniman. Ayahnya Mumu Mitra dan ketiga adik laki-lakinya merupakan pelukis. Sejak usia 7 tahun, Ropih sudah menjalani tradisi menggambar dan melukis di sanggar pimpinan ayahnya.

Ropih yang lahir di Bandung pada 12 februari 1959, sempat merasakan perjuangannya dalam menjajakan lukisan. Apapun dia lakukan asalkan lukisannya itu bisa dipajang di tempat yang terlihat oleh wisatawan, seperti di hotel. *

Rumah Seni Ropih

  • Didirikan seniman Ropih Amantubillah.
  • Diresmikan pada Sabtu, 22 Mei 2011.
  • Alamatnya di Jalan Braga Nomor 43.
  • Arsitektur bangunannya seperti kebanyakan gedung lama di Jalan Braga bergaya art deco.
  • Gedungnya hampir bersebrangan dengan gedung tua lainnya, yakni Gedung Gas Negara.

Bahan tulisan dari http://blao-tukangkaos.blogspot.co.id/2011/08/eksplorasi-seni-di-ruang-bawah-tanah.html, http://www.rumahseniropih.co.vu/,  http://lukisanropih.tripod.com/

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.