Rumah Kolak Tetap Jualan Meski Bukan Bulan Puasa

Penjual kolak biasanya menjajakan dagangannya pada saat Ramadan. Namun tidak bagi Rumah Kolak. Kedai ini menjual kolak setiap hari meski bukan pada Ramadan. Pengelolanya tidak takut kolaknya tidak akan laku karena rasanya benar-benar dijaga.

Rumah kolak sudah berdiri sejak 1995. Selama berjuala pengelolanya tetap menjaga kualitas rasa dengan menggunakan bahan-bahan pilihan dan berkualitas. Seperti gula aren mereka datangkan dari Cianjur. Gula aren Cianjur terkenal keharuman dan kepekatannya.

Namun gula aren yang didatangkan tak lantas dipakai, tetapi harus melalui proses. Gula aren dibiarkan meleleh dalam ruangan yang suhunya telah diatur. Kemudian dihaluskan. Untuk membersihkan dari kotoran, gula ditambahkan air kemudian disaring. Setelah bersih gula bisa digunakan untuk membuat kolak.

rumah kolak
Ilustrasi kolak pisang. | Foto id.wikipedia.org/wiki/Kolak

Gula yang bersih sudah bisa dicampur dengan bahan kolak lainnya yang juga dijaga kualitasnya. Rumah Kolak menyediakan bahan-bahan seperti sagu ambon, hanjeli (barley), ubi jalar, kolang-kaling, pisang, labu parang, candil, singkong, dan peuyeum alias tape singkong.

Bahan-bahan tersebut tidak sekaligus dimasak. Bahan dimasak sendiri-sendiri yang membutuhkan waktu agar teksturnya empuk dan lembut. Setiap memproduksi kolak, pengelola kedai kolak ini menjaga setiap proses agar rasa dan kelezatannya terjaga.

“Semua bahan di Rumah Kolak saat ini merupakan hasil perjalanan selama puluhan tahun, dan saya berupaya selalu memberikan yang terbaik,” kata Oyong Suryadi, pemilik kedai kolak ini dalam Tabloid Saji Edisi 355.

Rumah Kolak Tidak Membuka Cabang

Oyong memiliki keyakinan Oyong kolak yang ramai bermunculan selama Bulan Puasa bakal laku dijual pada bulan-bulan lain. “Karena kolak ini jajanan tradisional yang mungkin sudah ratusan tahun ada di Indonesia, dan terbukti disukai hingga saat ini,” kata Oyong dalam Tabloid Saji Edisi 355.

Sudah 20 tahun lebih Rumah Kolak melayani konsumennya. Kedai ini berada di Jalan Melong Asih, Cijerah, Bandung. Untuk saat ini kedai ini  tidak membuka cabang. Rumah Kolak buka mulai pukul 09.00 hingga 20.00. Setiap hari banyak pilihan kolak yang disediakan kedai ini termasuk menu lainnya seperti rujak.

https://www.myedisi.com/saji/1349/2188/rumah-kolak-bandung-menjaga-kualitas-selama-21-tahun

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.