Risoles, Makanan Eropa yang Kaya Rasa yang Dijual di Bandung

Risoles berasal dari Eropa. Makanan ini dulunya bernama roinsolles dan mulai dikenal pada abad ke-13. Sekarang, penganan ini telah menjadi seperti makanan asli Indonesia. Penjual dan penggemarnya sudah tak menghiraukan makanan ini berasal dari mana. Di Bandung pun demikian, banyak penjual beragam rasa dan bentuk risoles.

Dalam laman Wikipedia disebutkan risoles (risol) adalah pastri berisi daging, biasanya daging cincang, dan sayuran yang dibungkus dadar, dan digoreng setelah dilapisi tepung panir dan kocokan telur ayam. Namun di Bandung, penganan ini sudah bekembang sedemikain rupa. Banyak bermunculan rasa dan bentuk makanan tersebut.

Di Bandung ada risol melepuh. Penjualnya ada di Jalan Konstitusi 1 No. 2A, Babakan Ciamis, dan Kedai BMC 213, Jalan Cikutra No. 213. Dikutip dari Tribunlifstyle, makanan ini merupakan karya Ray Roemano.

risoles
Risoles. | Foto https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/3a/Kue_risoles.JPG

Jenis risol di sana terdiri dari lima rasa yaitu original (smoked beef, melting cheese `n egg), chicken run (Grandma’s recipe), brekele (my Son’s fave), wedus gembel (special bolognaise from Mom’s recipe) dan tsunami (beef sausages & melting cheese).

Penjual risol lainnya ada di De’risol di Jalan Citarum No. 32. Banyak macam isi risoles yang ditawarkan ada yang isi sayuran, daging dan juga keju. Yang unik di sini ada yang berisi kari. De’risol sudah melebarkan sayap dengan membuka cabang di Walini Tea Gallery, Jalan Ir. H. Djuanda; di Sentra Kampus Universitas Parahyangan Bandung; dan di Lottemart Festival Citylink.

Risol-Risol, House of Risolles di Jalan Setiabudi juga jangan terlewatkan. Risoldi sini seperti kembali ke asalnya dengan cita rasa Risolles Eropa yakni daging ayam, telur, smooked beef, mayonaise, keju, dan dihidangkan dengan salad dan kentang goreng (french fries). Menu lainnya adalah Chicken Cordon Bleu Risol, Black Pepper Sausage Risol, Egg Mayo Risol, Bechamel Beef Risol, Pizza Risol, Tuna Mayo Risol.

Risoles di Rumah Risol

Bila ingin merasakan kerenyahan dan empuknya kulit risoles bisa datang ke Rumah Risol Jalan Geger Kalong Girang No 01B. Risol di sini memiliki banyak bentuk seperti lonjong biasa, segitiga, bulat, hingga persegi. Isian risoles pun tak sekadar sayuran dan kentang, ada juga daging asap, kacang polong, keju, mayones, dan sosis.

Rumah Risol menyediakan spesial orisinal, spesial pedas, creamy chicken, piza, spicy risol. Menu spesial orisinal berisi wortel, sosis, kentang, mayones, dan makaroni. Menu spesial pedas mengandung telur rebus, sosis, kentang, wortel, makaroni, mayones, dan bumbu pedas. Untuk risoles piza yang berbentuk segitiga, isinya tak jauh berbeda, ditambah daging asap dan kacang polong. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.