Rancabali Tea Resort, Tempat Menginap dan Wisata di Perkebunan Teh

MENJELAJAHI Ciwidey hingga ke Rancabali, Kabupaten Bandung, tidak cukup waktu sehari. Butuh beberapa hari untuk menikmati beberapa tempat wisata di dataran tinggi Bandung Selatan ini. Untuk itu menginap adalah hal yang sangat mutlak. Ada beberapa tempat menginap yang layak jadi pilihan satu di antaranya adalah Rancabali Tea Resort.

Rancabali Tea Resort adalah sebuah kawasan yang berada di perkebunan teh Rancabali milik PT Perkebunan Nusantara VIII. Lokasinya tidak jauh dari jalan raya Ciwidey-Situ Patenggang. Sebuah hamparan hijau perkebunan teh seperti menyatu dengan resort tersebut.

Rancabali Tea Resort memiliki 8 penginapan berbagai tipe. Tarifnya weekday berkisar Rp 850.000, sedangkan pada hari libur atau weekend berkisar Rp 1.200.000, tergantung dengan tipe pilihan. Harga bisa saja telah berubah tergantung kebijakan pengelola. Fasilitas setiap penginapan sangat lengkap seperti dua unit kamar, ruang tengah, dapur, dan teras yang luas. Satu bangunan bisa muat untuk tujuh orang.

Bentuk rumahnya tradisional dan bahan bangunannya didominasi oleh kayu. Arsitektur tersebut memberikan suasana hangat di tengah dinginnya perkebunan teh Rancabali pada malam hari. Udara dingin karena kawasan tersebut berada di di ketinggian 1.550 meter di atas permukaan air laut dan tak jauh daru Gunung Patuha.

Rancabali Tea Resort Dekat dengan Kawah Putih

rancabali tea resort
Rancabali Tea Resort di Rancabali, Kabupaten Bandung. | Foto serbabandung.com

Selain menginap, pengunjung Rancabali Tea Resort bisa menjelajahi perkebunan teh yang indah. Tak hanya itu wahana bermain seperti taman bermain anak-anak, waterpark, flying fox extreme sejauh 300 meter, bermain FTV, balon gas udara dengan ukuran raksasa, area kemping, dan bersantai di kafe pun bisa dinikmati para pengunjung.

Masih di kawasan Rancabali Tea Resort terdapat pemandian air panas Walini. Di sini terdapat 2 kolam besar. Yang pertama adalah kolam air panas Walini yang tiketnya Rp 20.000 untuk dewasa, anak-anak dan balita. Kolam kedua adalah kolam yang terdapat fasilitas water boom, kolam ember tumpah dan kola balita. Untuk ke kolam ini pengunjung harus membayar lagi Rp 10.000. Tarif tersebut bisa saja telah berubah tergantung kebijakan pengelola tempat wisata tersebut.

Rancabali Tea Resort lokasinya sangat dekat dengan tempat wisata favorit di Rancabali dan Ciwidey. Resotr ini tidak jauh dari Ranca Upas dan Kawah Putih. Dengan menggunakan kendaraan paling lama 10 menit saja dari kedua tempat wisata tersebut. Begitu juga ke Situ Petenggang jaraknya tidak jauh, paling lama 5-10 menit. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.