Radio Dahlia, Radio Dangdut dan Musik Pop Populer di Bandung

KALAU ada radio dangdut yang populer di Bandung orang takkan lupa dengan Radio Dahlia. Radio ini konsisten mulai berdiri hingga sekarang mengusung lagu-lagu dangdut. Jingle-nya yang berbau dangdut pun kerap disenandungkan  oleh para pecinta musik asli Indonesia ini.

Radio ini  berdiri pada 18 Agustus 1970. Awal pendiriannya radio ini hanyalah pemancar amatiran. Pada 1968, pemiliknya keluarga Siti Dahlia, memanfaatkan pemancar itu untuk mempromosikan salonnya yang juga bernama Dahlia. Tak disangka pemancar itu terus berkembang dan berubah menjadi radio siaran.

Radio dibawah naungan PT Radio Dahlia Flora itu  mendapatkan hak siar di frekuensi ‘Short Wave’ (SW), selanjutnya beralih ke ‘Middle Wave’ (MW).  Pada  6 November 1994, Radio Dahlia  berpindah ke frekuensi FM 101,6 MHz. Pada 3 Mei 2004 berdasarkan peraturan pemerintah Radio Dahlia berpindah frekuensi menjadi FM 101.5 MHz sampai sekarang.

radio dahliaRadio yang mengusung tag line  Bandung Goyang Sik Asik ini memiliki  daya pemancar  5 Kw. Adapun radius pemancarnya sejauh kurang lebih 20 Km. Radio Dahlia dalam riset periode  Q3 pada 2012 yang diadakan The Nielsen company berhasil menempati posisi pertama dengan raihan jumlah pendengar tertinggi yaitu 617.000 responden.

Radio Dahlia Mengudara 24 Jam

Untuk memanjakan penggemarnya,  Dahlia siaran 24 jam nonsetop. Berbagai sajian menarik disuguhkan kepada penggemarnya. Program Bedagang yang menemani pendengar begadang mulai mengudara pukul 00.00 hingga pukul 0.3.00 setiap hari.

Mulai pukul 06.00 hingga pukul 10.00, radio ini menyiarkan program khas mereka yakni program lagi dangdut. Dimulai oleh program Kopi Dangdut pada pukul 06.00-08.00. Kemudian berlanjut pada program Bandat Dangdut yang mengudara pukul 08:00-10:00.

Siaran  terus berlajut dengan program Dahlia Indonesia Pilihan, Dahlia  Tatar Sunda, Yang Digoyang Yang, Dahlia Indonesia Asyik, Kontak Indonesia Pop, Mandi Pop. Program-program tersebut mulai mengudara pada 10.00 hingga tengah malam.

Selain program siaran On Air, Radio Dahlia  juga rajin menggelat aktifitas Off Air-nya. Banyak kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang banyak seperti jalan sehat, fun bike, atau konser. *

Sumber berita dan foto: http://www.radiodahliafm.com/

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.