Grand Preanger Hotel, Awalnya Hanya Sebuah Toko

SELAIN Savoy Homann Bidakara Hotel, di Jalan Asia Afrika ada Prama Grand Preanger Hotel. Hotel berbintang lima ini nyaris berhadap-hadapan dengan kantor pajak di sana. Di dekat hotel itu juga terdapat stilasi km 0 Kota Bandung.

Letak Prama Grand Preanger Hotel bisa dikatakan strategis karena tak jauh dari Stasiun Kota Bandung. Hanya sekitar 1,4 Km saja. Begitu juga dari Bandara Husein Sastranegara yang berjarak 4,2 Km.

Grand Preanger Hotel
Prama Grand Preanger Hotel. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Tak jauh dari hotel kira-kira 0,3 Km terdapat cafe  yakni Cafe Braga. Dekat dengan hotel juga ada  Gedung Merdeka. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki sejauh kira-kira  0.4 Km. Kalau ingin belanja tinggal ke Alun-alun atau ke Pasar Baru yang jaraknya kira-kita 1 Km.

Prama Grand Preanger Hotel termasuk hotel yang tidak muda lagi usianya. Cikal bakal berdirinya hotel ini berawal pada 1884. Saat itu para Priangan planters (pemilik perkebunan di Priangan )  sering datang untuk menginap dan berlibur ke Bandung.

Kebutuhan mereka disediakan oleh sebuah toko di Jalan Groote Postweg (sekarang Jalan Asia Afrika). Toko itu tidak bertahan dan akhirnya  bangkrut. Pada 1897 seorang Belanda bernama W.H.C. Van Deeterkom mengubah toko itu menjadi sebuah hotel. Van Deeterkom memberi nama hotel tersebut  Hotel Preanger. Pada 1920 berubah nama menjadi Grand Hotel Preanger.

Grand Preanger Hotel Didesain Ulang pada 1929

Grand Hotel Preanger yang berarsitektur gaya Indische Empire direnovasi dan didesain ulang pada 1929 oleh Prof. Charles Prosper Wolff Schoemaker dibantu oleh mantan muridnya, Ir. Soekarno  (Presiden RI pertama).

Grand Preanger mengalami banyak pergantian pengelola, antara lain oleh N.V. Saut, CV. Haruman, PD. Kertawisata dan akhirnya pada 1987 hingga kini dikelola oleh PT. Aerowisata.

Kamar yang tersedia di Prama Grand Preanger Hotel adalah Naripan Suite, kamar yang memiliki luas tujuh puluh tujuh meter persegi ini memiliki kuenikan dengan arsitektur art deco-nya. Setiap ruang semi-terpisah, masing-masing ada ruamh tamu, ruang makan, tempat tidur mewah, dan kamar mandi besar dilengkapi bathtub dan shower terpisah.

Kemudian ada Executive Room. Ruangan ini memiliki luas 52 meter persegi dan bisa menampung 3 tamu, dengan king size bed. Jenis kamar lainnya adalah Deluxe Room dan Superior Room yang masing-masing memiliki keunikan masing-masing. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!