Perpustakaan Kineruku, Rumah Kedua Bagi yang Hobi Membaca

BAGI yang suka berjalan-jalan ke perpustakaan, Perpustakaan Kineruku yang berada di Jalan Hegarmanah 52, Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, patut dicoba. Di sini bukan sekadar menawarkan buku untuk dibaca, tetapi suasana yang nyaman menjadi tawaran istimewa perpustakaan tersebut.

Pengunjung tak hanya diberikan kesunyian seperti kebanyakan di perpustakaan. Di sini ada “ruang” khusus bagi yang suka membaca di tempat terbuka. Halaman belakang Kineruku tersedia sofa yang dirindangi pepohonan. Tempat ini sangat nyaman untuk menuntaskan membaca sebuah buku.

Halaman ini pun tak hanya bisa digunakan untuk membaca buku. Pengelola sering menggelar “layar tancap” dan konser mini bagi para pengunjuang. Film dan musiknya bisa dari berbagai genre yang tersedia di sana. Kineraku memang tak hanya menyediakan buku tetapi juga ada CD musik dan film yang dapat disewa atau dibeli para pengunjung.

Perpustakaan Kineruku
Perpustakaan Kineruku. | Foto http://kineruku.com

Kineruku bukan sebuah gedung layaknya perpustakaan. Tampak depan bangunannya seperti rumah-rumah pada umumnya. Nuansa perpustakaan baru terasa ketika pengunjung masuk. Di dalam rumah tersebut berjejer rak-rak yang berisi buku dan CD. Para pengunjung bisa memilihnya sebelum memutuskan untuk meminjam atau membacanya di sana.

Ada ribuan buku yang tersedia di Kineruku. Jenisnya pun bermacam-macam, seperti filsafat, sastra, budaya, desain, arsitektur, fiksi, biografi, buku-buku anak dan lain-lain. Buku-buku itu tertata rapi di rak-rak kayu di ruang utama.

Dalam laman resminya, http://kineruku.com/about/, disebutkan Kineruku berdiri pada 29 Maret 2003. Awalnya bernama Rumah Buku Kineruku. Pada Januari 2012 berubah menjadi Kinkaru saja. Pendirian perpustakaan ini terinspirasi ketika seorang pendirinya studi di Chicago. Di sana, dia banyak terlihat toko-toko dan perpustakaan yang banyak dikunjungi orang.

Sepulangnya ke Indonesia, dia mewujudkan perpustaakan itu di sebuah rumah kosong peninggalan kakek pendiri tersebut. Kineruku didirikan sebagai alternatif pusat referensi buku-musik-film di mana publik bisa mengaksesnya dengan mudah.

Perpustakaan ini pun dirancang untuk mengubah anggapan sebagian kalangan bahwa perpustakaan adalah sesuatu yang angker dan kurang bersahabat. Untuk itu Kineruku sengaja dirancang senyaman mungkin, dengan konsep seperti rumah. Poinnya, pengelola Kineruku berharap pengunjung menganggap perpustakaan ini sebagai rumah kedua.

Jadi Anggota di Perpustakaan Kineruku

Untuk bisa meminjam buku, cd atau pun yang lain, harus menjadi anggota dulu. Datang saja ke Kineruku dengan membawa kartu identitas KTP, dan mengisi formulir keanggotaan. Jenis keanggotaan di Kineruku ada A dan B. Keanggotaan jenis A untuk meminjam buku-buku berlabel kuning, sedangkan B untuk buku-buku berlabel kuning dan biru. Biaya pendaftaran untuk keanggotaan A adalah Rp 45.000 dan keanggotaan B adalah Rp 95.000. Keanggotaan Kineruku berlaku untuk seumur hidup. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di http://kineruku.com/.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!