Perpustakaan Anak-anak di Jalan Kawaluyaan Soekarno Hatta Bandung

PERPUSTAKAAN di Jalan Kawaluyaan Indah II No.4, Soekarno Hatta, Bandung, di dekat perumaham Metro Jalan Soekarno Hatta, ada ruangan baca khusus anak-anak. Perpustakaan anak-anak ini  berada di lantai 1 di gedung yang berlantai 4.

Ruangan itu ditata sedemikian rupa agar menarik minat anak-anak, dan betah membaca di sana. Warna ruangannya berwarna cerah. Yang menarik di dinding bagian atas ruang itu digambari lukisan seperti komik. Setiap bagian memiliki cerita masing-masing, seperti kisah Cinderalas, dan Sangkuriang.

Perpustakaan anak-anak
Perpustakaan anak-anak di Jalan Kawaluyaan Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Di sebuah sudut ruangan ini oleh pengelola perpustakaan anak-anak ini dipasang perosotan untuk memberikan sarana permainan untuk anak-anak yang datang ke sana. Perosotan itu berwarna hijau menempel ke dinding ruang baca dan rak buku.

Buku-buku yang tersedia di sini  pictorial book, novel anak, dan buku-buku lama. Buku-buku tersebut bisa dipinjam ke rumah asal sudah menjadi anggota. Anak-anak juga bisa menjadi anggota dengan menambahkan KTP orang tua untuk melengkapi syarat lainnya.

Di ruangan itu ada bagian yang disekat oleh rak buku. Di sini tersedia esiklopedia untuk anak-anak. Khusus buku-buku di bagian ini tidak boleh dipinjam dibawa ke rumah  tapi hanya boleh dibaca di sini. Buku-buku itu berderet rapi di rak yang bercat putih.

Ruangan yang luas memberikan keleluasan pada anak-anak untuk membaca buku di mana saja. Tidak seperti di perpustakaan dewasa yang tersedia meja dan kursi yang formal, di sini disediakan kursi dan meja yang cocok untuk anak-anak. Kursi berbentuk tabung yang berbalut kain warna-warni. Anak-anak juga bisa hanya duduk di lantai yang berlapiskan karpet.

Pada Rabu (9/9/2015) sore, ada anak-anak yang sedang menikmati bacaan di ruang baca tersebut. Mereka tampak menikmati suasana ruang baca tersebut. Sementara di lobi perpustakaan, tak jauh dari ruang baca anak-anak, orang dewasa ada yang sedang mengobrol, mencatat  dan membaca buku.

Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Barat ini buka Senin-Sabtu. Untuk hari Senin-Jumat perpustakaan buka mulai pukul pukul 08.00 – 21.00. Sedangkan hari Sabtu buka mulai 08.00 hingga pukul 16.00. Pada hari Minggu dan libur nasional tutup. *

Syarat Jadi Anggota Perpustakaan Anak-anak di Kawaluyaan

  • Mengumpulkan foto 2×3 cm sebanyak 4 buah (berwarna)
  • Menyediakan fotokopi KTP sebanyak 1 buah. Jika pelajar/mahasiswa lampirkan kartu tanda siswa/mahasiswa.
  • Untuk Anak-anak lampirkan fotokopi KTP orang tua.
  • Untuk yang kost/kontrak rumah (Luar Daerah) lampirkan KTP pemilik rumah/surat keterangan RT/RW  setempat.
  • Jika Persyaratan sudah ada, isilah formulir di komputer pendaftaran sesuai dengan data dengan jelas.
Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.