Permainan Tradisional Anak di Komunitas Hong Dago

PERMAINAN tradisional anak seperti sorodot gaplok, ucing sumput, engrang atau yang lainnya, saat ini sangat sulit ditemukan. Permainan ini seperti tak mampu melawan arus permainan berbasis teknologi yang semakin canggah dan menarik. Belum lagi permainan tradisional membutuhkan lahan kosong yang cukup luas yang semakin sini semakin sulit didapatkan.

Untunglah masih ada yang peduli untuk melestarikan warisan budaya ini. Permainan tradisional yang mulai punah dikumpulkan dan direkonstruksi kembali untuk mendapatkan permainan itu secara utuh. Butuh bertahun-bertahun untuk melakukan itu, dan hasilnya bisa dinikmati siapapun.

Adalah Komunitas Hong yang mencoba terus melestarikan dan mendokumentasikan permainan tradisional anak-anak. Tak hanya permainan tradisional anak-anak asal Bandung, tetapi juga di seliuruh  Nusantara. Komunitas ini merupakan ide  Mohhammad Zaini Alif.

Penelitian tersebut dilakukan sejak 1996, jauah sebelun Komunitas Hong terbentuk pada  2003. Komunitas betanggotakan 150 orang lebih yang  berasal dari berbagai kalangan, dan usia mulai dari usia 6 tahun hingga usia 90 tahun.

Komunitas ini telah berhasil mendokumentasikan 250 permainan tradisional Sunda, 213 permainan tradisional dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, dan 50 jenis permainan asal Lampung.

Permainan ini kini bisa kembali dinikmati. Caranya datang saja ke Pekarangan Ulin Dago Pakar, Jl. Bukit Pakar No 35. Pengunjung selain melihat juga bisa langsung terlibat mengikuti permainan tersebut. Tempat itu lambat laun menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi pelancong dari Bandung maupun luar Bandung.

Pengunjung dikenakan biaya masuk untuk menikmati hal tersebut. Di sana selain bisa menikmati permainan tradisional juga bisa menikmati paket makan masakan tradisional Sunda seperti ubi rebus, bandrek, kacang rebus, sayur rebung, singkong kelapa, dan lain-lain. Bagi yang suka atau bagi yang baru ingin mencicipi bandrek  di sini disediakan dalam batok kelapa.

Komunitas Hong pun memiliki ruang pameran di Jalan Merak No 2. Selain itu mereka kerap memberikan pelatihan  permainan anak Kampung Kolecer di Kampung Bolang, Subang. Komunitas ini  sering menggelar  festival kolecer berupa permainan rakyat dan upacara adat. *

Komunitas Hong Tempat Permainan Tradisional Anak

Pekarangan Ulin Dago Pakar, Jalan Bukit Pakar Utara no 35,Bandung 40198
Telepon 022-2515773 – 085295111950

Ruang pamer

Jalan Merak No 2.

Foto: blog.wakuwakuw.com

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.