Wayang Golek, Penjualnya Sudah Banyak di Bandung

WAYANG Golek adalah kebudayaan asli Jawa Barat. Sekarang wayang-wayng itu tidak hanya bisa dimainkan oleh para dalang, tetapi di beberapa tempat menjadi suvenir untuk oleh-oleh yang berkunjung ke Kota Bandung.

Wayang-wayang yang berukuran kecil itu dipajang di etalase bersama kerajinan lainnya di kedai-kedai kerajinan. Tempat penjualan wayang di Bandung salah satunya di Jalan Soekarno Hatta, sepanjang jalan mulai simpang Buahbatu hingga Terusan Kiaracondong.

Suvenir Wayang.| Foto serbabandung.com #serbabandung
Suvenir Wayang.| Foto serbabandung.com #serbabandung

Salah satunya adalah One Java Seni di Jalan Soekarno Hatta No. 5, depan Carrefour Kiaracondong. Tidak hanya menjual wayang suvenir, di sini juga menjual wayang untuk dimainkan. Suvenir wayang dijual berupa gantungan kunci, wayang golek mini, dan pulpen wayang golek. Harganya berkisar Rp 15.000-650.000.

Tokoh-tokoh wayang yang dijual di sini yang sangat familiar dengan masyarakat. Si muka merah Cepot menjadi andalan, kemudian ada juga Dawala, dan Gareng. Tidak lupa juga karakter Buta yang sering menjadi musuh Cepot juga dipajang di sana.

Selain di kawasan itu, wayang-wayang untuk suvenir bisa ditemukan di Jalan Braga, hotel-hotel yang ada toko suvenir, atau di toko-toko suvenir yang tersebar di Kota Bandung. Penjualan wayang juga tersedia penjualan lewat internet.

Di Bandung pun ada galeri khusus wayang golek, yakni Cupumanik Wayang Golek & Handycraft di Jalan H. Akbar No.10 Kebon Kawung Bandung. Cupumanik Wayang Golek & Handycraft menyediakan beragam handycraft tokoh pewayangan mulai dari ukuran 15 cm-2meter.

Selain menawarkan bermacam-macamm handycraft, pengunjung galeri ini bisa menyaksikan proses pembuatan wayang. Gelaeri ini buka Senin-Jumat mulai pukul 08:00-16:00, dan Sabtu pukul 08:00-14:00. Sedangkan pada Minggu dan hari libur nasional tutup. Namun jika ada permintaan galeri ini bisa saja dibuka.

Jalan atau Gang Haji Akbar bisa diakses dari Jalan Kebonkawung, tak jauh dari Stasiun Kereta Api Bandung. Gang ini sekitar 250 meter dari dari Jalan Pasirkaliki. Sedangkan dari arah Jalan Cicendo sekitar 400 meteran. *

Wayang Golek di Bandung

  • Sepanjang Jalan Soekarno Hatta, Buahbatu-Kiaracondong
  • Jalan Braga
  • Di Toko Suvenir di Hotel
  • Galeri Cupumanik Wayang Golek & Handycraft
Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Satu tanggapan untuk “Wayang Golek, Penjualnya Sudah Banyak di Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.