Penerbit Al-Ma’arif, Penerbit yang Berdiri pada 1948

PENERBIT Al-Ma’arif adalah penerbitan yang berdiri pada 1948. Pendirinya adalah Muhammad bin Umar Bahartha. Pendirian penerbitan ini tidak terlepas dari perkembangan pencetak alquran di Indonesia. Pelopornya adalah Abdullah bin Afif Cirebon bersama Sulaiman Mar’i di Penang dan Singapura, Salim bin Sa’ad Nabhan di Surabaya dan Percetakan Al-Islamiyah di Bukittinggi.

Al-ma’arif, saat itu, mendapatkan pesanan mencetak mushaf alquran langsung dari kerajaan Arab Saudi. Dan, merupakan penerbitan satu-satunya di Indonesia.

Pada 1950-an, Penerbit Al-Ma’arif, juga pernah menerbitkan kitab tajwid hasil reproduksi cetakan Bombay. Kitab ini memiliki gaya tulisan dengan harakat tebal. Jenis mushaf berhuruf tebal tersebut digunakan puluhan tahun oleh masyarakat Asia Tenggara hingga 1970-an.

Penerbit Al-Ma'arif
Logo Penerbit Al-Ma’arif

Selain alquran, Penerbit Al-Ma’arif mencetak buku-buku berbapaskan Islam seperti Fikih Sunah, Dienul Islam, buku pendidikan Islam.

Al-Ma’arif masih aktif sebagai penerbit dan percetakan. Buku-buku terbitan Al-Ma’arif masih banyak beredar di toko-toko tertentu dan penjualan buku online.

Bermunculannya penerbitan lainnya membuat pemiliknya memutuskan memindahkan percetakan ke Surabaya. Adapun di Bandung diputuskan hanya untuk proses akhir.

Penerbit Al-Ma’arif berada di Jalan Tamblong 48-50. Sejajar dengan toko batik dan penatu di jalan tersebut. Bangunannya terbilang sudah tua karena dibangun pada 14 Desember 1949. Arsitekturnya bergaya art deco. Bangunan itu tak pernah berubah bentuk hanya pernah dipugar pada 1990. Gedungnya menjorok ke dalam. Di bagian depannya terdapat sebuah kafe.

Pemugaran dilakukan untuk mengganti bagian-bagian yang mengalami kerusakan seperti pintu depan dan jendela rumah termasuk kusennya. Yang tadinya semua terbuat dari kayu jati sekarang diganti dengan kayu mahoni.

Penerbit Selain Penerbit Al-Ma’arif

Di Bandung selain Penerbit Al-Ma’arif ada penerbitan lainnya, seperti Penerbit Erlangga, Penerbit Informatika, PT. Remaja Rosdakarya, Yudhistira Ghalia Indonesia, Penerbit Jabal, Alfabeta. CV, Penerbit Duta, Kanisius, dan Mizan Publishing House.

Sumber: http://info.pikiran-rakyat.com/direktori/toko-buku/kota-bandung/penerbit-al-ma%E2%80%99arif

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.