Pendopo Bandung Boleh Dikunjungi oleh Siapa Pun

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil membuka pintu bagi siapa pun yang ingin berkunjung ke Pendopo Bandung. Pembukaan tersebut telah diberlakukan bertepatan dengan Hari Natal, Minggu (25/12/2016). Tempat tersebut bisa dijadikan tempat wisata di dekat Alun-alun Bandung yang terlebih duhulu sudah menjadi destinasi wisata.

Pendopo Bandung tidak jauh dari Taman Alun-alun. Lokasinya berada di Jalan Dalem Kaum Bandung. Dari taman tersebut pengunjung tinggal menyebrang kemudian masuk lewat pintu gerbang besar berasitektur gaya lama yang sudah terlihat dari kejauhan.

Untuk masuk ke wisata pendopo ini pengunjung tidak dipungut biaya seperser pun. Pengunjung hanya harus memberi kartu tanda penduduk di depan gerbang yang dijaga oleh petugas. Syarat lainnya adalah  pengunjung harus berpakaian sopan, mematuhi peraturan yang ada, dan tidak membawa makanan dan minuman.

pendopo bandung
Pendopo Bandung di Jalan Dalem Kaum Bandung. | Foto serbabandung.com.

Wisata  cagar budaya ini khusus Minggu (25/12) – 1 Januari 2017  buka setiap hari pukul 09.00 – 12.00, kemudian berlanjut pada pukul 13.30. Selanjutnya mulai 1 Januari 2017 pendopo buka setiap Sabtu dan Minggu saja dengan  jadwal jam yang sama.

“Pendopo ini termasuk bangunan sejarah yang lebih dari seabad. Awalnya, pendopo ini  kediaman Bupati pada zamannya. Kami pun menambahkannya dengan taman, arsitektur  pendopo, arsitektur limas tak berdinding,” ujar Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil kepada wartawan di pendopo, Minggu (25/12).

Sebelumnya Ridwan Kamil mengijinkan warga Kota Bandung menggunakan Pendopo untuk resepsi pernikahan. Menariknya  warga yang memakainya tanpa dipungut biaya alias gratis. Namun hanya satu warga dalam satu bulan yang bisa memanfaatkan fasilitas ini.

Pendopo Bandung Dibangun pada 1810

Pendopo dibangun saat Bupati Wiranatakusumah II memerintah kota ini pada 1810 masehi. Bangunan itu berada di tempat sekarang merupakan kehendak bupati untuk memenuhi rancangan Gubernur Jenderal Daendels yang saat itu sedang membangun jalan pos (Grote Postweg). Pendopo merupakan banhunan yang pertama kali didirikan di Alun-alun Bandung.

Sebelum salah satu bangunan di kompleks itu menjadi tempat kediaman resmi Wali Kota Bandung, pernah menjadi pusat pemerintahan bupati. Tadinya pemerintahan kota Bandung dipusatkan di Dayeuhkolot (Kota Lama), jaraknya sekitar 10 km dari jalan raya pos yang sedang dibangun.

Saat itu bangunan ini sangat sederhana. Temboknya terbuat dari anyaman bambu. Atapnya masih alang-alang lapis ijuk. Setelah beberapa kali mengalami renovasi, atap bangunannya diganti menjadi gaya tradisional Nusantara yang tersusun tiga. *

 

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.