Pendaftaran BPJS Kesehatan Bisa Lewat Drop Box di Setiap Kecamatan

WARGA yang belum mendaftar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tak perlu antre lagi. Kini, warga bisa mendatangi drop box  untuk pendaftaran BPJS yang tersedia di setiap kecamatan. Terutama bagi warga yang berada di Kabupaten Bandung.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung telah bekerja sama dengan BPJS untuk meningkatkan layanan pendaftaran JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) tersebut dengan menyediakan fasilitas drop box.

Drop box adalah kotak pendaftaran yang disediakan untuk masyarakat yang tinggalnya jauh dari tempat pendaftaran (kantor cabang BPJS), atau bagi mereka yang masih kaku dengan IT (teknologi informasi).

Warga bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dengan hanya mengisi formulir pendaftaran dilengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Setelah itu formulir yang telah diisi dan kelengkapannya dimasukkan ke dalam kotak yang sudah disediakan. Petugas BPJS kemudian akan mengambil formulir tersebut untuk selanjutnya dilakukan verifikasi data.

Syarat Pendaftaran BPJS JKN KIS melalui dropbox

  • Mengisi formulir pendaftaran (Daftar Isian Peserta). Dalam proses ini isikan nomor telepon yang bisa dihubungi. Jangan lupa cantumkan alamat pengiriman Kartu JKN-KIS (bila berbeda dengan alamat KTP), alamat mail, kelas perawatan yang dipilih, dan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang dipilih. Setelah itu, jangan lupa formulir ditanda tangan.
  • Setelah mengisi formulir, isi surat pernyataan. Jangan lupa lampirkan fotokopi kartu keluarga (KK), fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan fotokopi halaman pertama buku tabungan yang mencantumkan nomor rekening tabungan dan nama pemilik buku tabungan.
  • Formulir dan surat pernyataan yang telah diisi serta lampiran masukkan ke dalam amplop tertutup. Di amplop tersebut tulis nama kepala keluarga, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan alamat pengiriman KIS.
  • Terakhir masukan amplop ke dalam dropbox.

Pendaftaran BPJS
Warga antre pendaftaran BPJS Kesehatan di Kantor BPJS, Jalan Pelajar Pejuang 45 No.66, Turangga, Lengkong, Kota Bandung. | Foto serbabandung.com. 

“Terobosan BPJS ini bertujuan membantu masyarakat yang tinggal di pelosok atau jauh dari kantor pelayanan BPJS sekaligus memudahkan masyarakat dengan mengurangi panjangnya antrian di kantor cabang yang tentunya merepotkan masyarakat itu sendiri,” ucap Wakil Bupati Bandung H. Gun Gun Gunawan, S.Si, M.Si.

Hal tersebut dikatakan Gun Gun seusai membuka acara Sosialisasi Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan dan Pertemuan Evaluasi Pendaftaran JKN-KIS Melalui Drop Box Kecamatan di Saung Raja Restaurant Sutan Raja Hotel Soreang, Rabu (7/3).

Bahan: jogja.tribunnews.com/dan Press Release Kominfo Setda

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.