Pempek Palembang Jalan Rama Cukonya Ada Dua Macam

Pempek Palembang adalah makanan asli Sumatra Selatan. Tapi jangan salah, di Bandung justru banyak penjual pempek yang sudah lama berdiri. Satu di antaranya adalah Pempek Rama di Jalan Rama No 28, Cicendo, Kota Bandung. Kedai pempek ini sudah ada sejak 1988.

Yang unik dari Pempek Palembang di Kedai Pempek Rama adalah cuko-nya atau saus cukanya. Di sini disediakan dua rasa cuko, yakni cuko pedas dan cuku tidak pedas. Cuko tersebut disimpan di meja di dua botol plastik yang terpisah. Botol warna pink berisi cuko pedas dan botol tak berwarna alias bening berisi cuko tak pedas.

Kedai pempek Palembang tersebut berada di sebuah ruko. Dindingnya tertempel menu-menu yang dijual. Kemudian di bagian depan terdapat etalase tempat beragan pempek yang ditawarkan. Di sini tersedia beberapa meja dan kursi untuk 4 atau 6 orang pengunjung.

Penikmat pempek Palembang harus pesan dulu pempek ke petugas yang berada di belakang etalase. Setelah yakin, pengunjung bisa menunggu di meja yang telah dipilih. Tunggu sebentar, pempek digoreng kemudian akan diantarkan ke meja.

pempek palembang
Pempek Rama di Jalan Rama, Kota Bandung. | Foto Tribun Jabar

Janis pempek yang tersedia adalah pempek panggang, pempek kapal selam, pempek lengang biasa dan spesial, pempek lenjer, pempek tahu, pempek kulit ikan, dan pempek keriting. Pempek Rama pun menyediakan es campur kacang merah dan kerupuk khas Palembang. Adapun makanan khas Palembang lainnya adalah tekwan, model, rujak mi tahu, dan lain-lain.

Menu yang paling laris adalah pempek panggang. Pempek panggang adalah ikan yang dipanggang lalu disiram dengan kuah cuka, dicampur dengan telur kocok, dan dipanggang menggunakan daun pisang.

Pempek Rama harganya bervariasi berada di kisaran Rp 6.000 – Rp 20.000. Kedai ini buka Senin-Sabtu pukul 09.00-20.00. Pempek Rama membuka cabang di Jalan Lengkong Besar.

Pempek Palembang Lainnya di Bandung

Di Jalan Rama juga ada pempek Pak Raden. Ini merupakan cabang dari Pempek Pak Raden Palembang. Tepatnya di Jalan Rama No 21. Pempek yang dijual di sini sama dengan yang dijual di Palembang ada kapal selam, lenggang, lenjer, kerupuk, kulit, telur, pastel, adaan, tahu dan pempek panggang.

Jangan lupa juga mencicipi Pempek 10 Ulu Pak Anang. Kedai pempek ini di Jalan Veteran No 67. Selain pempek yang sudah matang, di sini menjual pempek mentahnya. Yang dijual di sini adalah pempek kapal selam, lenjer, adaan, dan disajikan dengan mi dan saus cuka.

Di Jalan Oto Iskandardinata ada Pempek Faisal. Pempek Faisal sudah berdiri pada 1978.

Arum manis adalah makanan tradisional yang telah lama ada. Makanan yang biasa dikonsumsi anak-anak ini sempat ngetop…

Posted by Serba Bandung on Thursday, July 27, 2017

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.