Pemancingan Gratis di Cikoneng Kawasan Bojongsoang

ANDA hobi memancing? Tidak ada salahnya mencoba memancing di kawasan Bojongsoang. Ada beberapa tempat memancing di sini terutama di kawasan Cikoneng. Pemancingan ini berada di dekat persawahan sehingga bisa memberikan ketenangan bagi para pemancing. Di sini pun ada pemancingan gratis.

Cikoneng adalah sebuah kawasan di Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Jalan di Cikoneng merupakan alternatif bagi pengendara ketika Bojongsoang, terutama di jembatan Terusan Bojongosang mengalami kemacetan. Jalur ini bisa tembus ke Ciwastra, Baleendah, Bodogol, Gedebage, dan Safan.

Nah, di sepanjang jalan itulah terdapat pemancingan yang berbayar dan juga tak berbayar alias gratis. Saung-saung pemancingan bisa terlihat di pinggir jalan. Tentu saja kapasitasnya bervariasi. Namun rata-rata terdapat beberapa lapak di tempat pemancingan tersebut.

Yang menarik banyak warga yang memancing di area pengolahan air limbah milik PDAM Tirtawening. Luas area yang mencapai 85 hektare dan petak-petak kolam yang luas memberikan keleluasaan bagi penghobi mancing. Mereka datang dari siang bahkan dari pagi. Kemudian pulang menjelang magrib.

Pemancingan gratis
IPAL PDAM Tirtaweing di Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

Mereka Pulang Menjelang Magrib dari Pemancingan Gratis

Senin (20/8) sore, saat matahari mulai condong, beberepa pengendara sepeda motor mulai meninggalkan kawasan tersebut. Mereka ada yang berboncengan dan ada yang sendiri. Di punggung mereka terlihat kantong joran bergelantung. “Habis mancing,” teriak seorang di antara mereka ketika ditanya.

Sore itu juga ada seorang warga yang menangkap ikan menggunakan jaring. Dia tekun sekali memilih tempat yang kira-kira ada ikannya. Setiap jaringnya di lempar beberapa ikan berhasil ditangkapnya. Menurut dia ikan di sini kebanyakan ikan mujair. “Ada saja ikan mah. Lumayan,” kata dia.

Kawasan ini sebetulnya bukan untuk umun. Pihak Tirtawening pun memasang plang yang melarang setiap orang bisa masuk ke area tersebut. Bahkan di plang lain disebutkan siapa pun tak boleh menanam ikan di kolam-kolam tersebut. Warga bisa masuk ke sana melewati pagar ram kawat yang bolong.

IPAL yang dikelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening ini sudah beroperasi pada 1992. Lokasinya berada di antara 2 desa, yakni Desa Bojongsoang dan Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung.

Sistem untuk IPAL di kawasan Cikoneng ini adalah kolam stabilisasi instalasi. IPAL Bojongsoang ini berfungsi mengolah air limbah rumah tangga dari Kota Bandung. Pengolahan tersebut bertujuan untuk menurunkan tingkat pencemaran sungai-sungai di Kota Bandung yang bermuara ke Sugai Citarum, seperti Sungai Cikapundung.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.