Paspor Bisa Diambil Setelah Tiga Hari Pembayaran

Setelah membuat paspor, pemohon tidak bisa langsung mengambil dokumen untuk perjalanan ke luar negeri. Dokumen ini bisa diambil tiga hari setelah pembayaran biaya pembuatan dokumen tersebut di bank. Bank-bank yang ditunjuk bisa dilihat di Kantor Imigrasi.

Paspor bisa diambil di tempat pembuatannya. Kalau membuatnya di Kantor Imigrasi Kelas I Bandung, Jalan Surapati No. 82, maka pengambilannya di kantor tersebut. Begitu juga kalau membuatnya di Gedung Bina Citra Lantai 3, Jalan Soekarno-Hatta No. 162, pengambilannya di kantor yang bersangkutan.

Pengambilan paspor buka pukul 13.00-15.30. Sebelum mengambil dokumen tersebut, pemohon harus memiliki nomor antrean yang tersedia. Kalau di Kantor Imigarasi Surapati, tempatnya berada di sebalah kiri setelah masuk dari pintu. Dekat dengan pengambilan formulis saat pendaftarana.

Adapun di Gedung Bina Citra, pengambilan nomor antrean berada di deretan ruangan tempat untuk memfotokopi. Berada di sebelah kiri setelah masuk dari pintu. Tak jauh dari tempat pengambilan formulir.

paspor
Warga membuat sedang paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Bandung, Jalan Surapati No. 82. | Foto serbabandung.com

Petugas biasanya mengarahkan pemohon untuk men-scan barcode yang ada dalam resi pengambilan. Saat pengambilan antrean tidak terlalu panjang jadi sabar untuk menunggu. Biasanya untuk pengambilan dokumen ini tidak butuh waktu lama, paling lama juga satu jam.

Tempat pengambilan paspor berada di ruangan itu, namun terpisah dengan tempat wawancara, foto, dan sidik jari. Setelah dipanggil, serahkan resi, surat permohonan, dan surat pengantar pembayaran kepada petugas. Dokumen ini pun diserahkan petugas kepada pemohon.

Kantor Keimigrasian  sudah mengeluarkan aplikasi antrean berbasis Android. Pemohon bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk menentukan kapan akan membuat paspor. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, pemohon harus mengunduh dulu di playstore, kemudian daftar. Dengan aplikasi ini pemohon tidak harus datang pagi-pagi ke kantor Imigrasi untuk mengurusnya karena telah menentukan sendiri waktu pembuatannya.

Informasi selengkapnya bisa diperoleh di bandung.imigrasi.go.id.

UPDATE

Penguman penggunaan aplikasi antre paspor. | Foto serbabandung.com

Dokumen untuk Pembuatan Paspor

  • Foto kopi KTP
  • Akta kelahiran/ijazah/surat nikah difoto kopi
  • Foto kopi kartu keluarga

Biaya Pembuatan

  • Rp 300.000 untuk pembuatan paspor
  • Jasa TI Biometrik Rp 55.000
  • Total Rp 355.000Bayar di bank yang ditunjuk

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.