Pasar Sederhana di Sukajadi yang Beberapa Kali Hangus Terbakar

PASAR Sederhana adalah pasar tradisional yang berada di kawasan Sukajadi. Tepatnya di Jalan Sederhana, Sukajadi. Pasar ini merupakan pasar tradisional yang sering terbakar. Sedikitnya sudah tiga kali pasar ini terbakar. Yang terakhir pasar ini terbakar pada Jumat (5/10/2018).

Pasar ini tadinya merupakan penampungan bagi pedagang kaki lima (pkl) di kawasan Sukajadi. Pada 1967, Pemkot Bandung mengadakan penertiban pkl di Jalan Sukajadi yang dianggap biang kemacetan. Lahan pun disediakan oleh Pemkot untuk menampung para pedagang tersebut di Kali Ciliwung, Sukajadi.

Para pedagang yang sudah tertampung membuat kios dan meja darurat menggunakan biaya sendiri. Warga Bandung kemudian lebih mengenal penampungan tersebut dengan nama Pasar Sederhana. Nama itu disematkan karena pasar tersebut terletak di Jalan Sederhana.

Pemerintah pada 1976-1977 merevitalisasi pasar darurat menjadi pasar yang permanen. Revitalisasi tersebut menggunakan biaya inpres sebesar Rp. 162.443.000. Pada 30 November 1981, Pasar Sederhana mengalami kebakaran. Kebakaran tersebut menghabiskan sekira 288 tempat berjualan (kios dan meja).

Pasar Sederhana Mulai Meredup

Pasar Sederhana
Pasae Sederhana di Jalan Sederhana, Sukajadi, Bandung. | Foto info.pikiran-rakyat.com

Pedagang membangun kembali pasar menggunakan biaya sendiri. Sepuluh tahun kemudian pemerintah merenovasinya menggunakan APBD Tahun Anggaran 1990/1991. Pada 3 Agustus 1992 pasar ini mengalami kebakaran. Kebakaran tersebut menghabiskan 282 tempat berjualan. Dua tahun kemudian pasar tersebut kembali dibangun dengan biaya inpres sekira 250 juta rupiah.

Pada 4 Juni 1999 kebakaran terjadi lagi. Kebakaran kali ini menghabiskan 75 tempat berjualan.

Memasuki milenial baru, pasar tersebut mulai meredup. Perkembangan di kawasan Sukajadi terutama di sektor bisnis berimbas kepada keberadaan pasar ini. Banyaknya pusat perdagangan moderen di sekitar pasar juga ikut mempengaruhi keradaan pasar ini.PD Pasar Martabat mencatat pada 2014 jumlah pedagang Pasar Sederhana sekira 1.310 dari 1.518 toko yang tersedia.

Pada 15 Oktober 2004, Pasar Sederhana kembali terbakar.

Kebakaran kembali melanda Pasar Sederhana pada Jumat (5/10/2018). Sekira 300 lapak pedagang hangus dalam kebakaran tersebut.

Data dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DKPB) Kota Bandung, menyebutkan kios yang terbakar berjumlah sekitar 395 kios dengan luas area keseluruhan sekitar 9.205 meter persegi.

Bahan tulisan:  info.pikiran-rakyat.com

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.