Panggung Inohong Jawa Barat ada di Perpustakaan Kawaluyaan

Perputakaan Kawaluyaan memiliki fasilitas baru. Di bagian Gedung Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Bapusipda) Jawa Barat terpajang tokoh-tokoh Jawa Barat. Mulai dari pahlawan sebelum kemerdekaan, seniman, olahragawan, budayawan, cendekiawan, hingga pengusaha. Nama ruangan tersebut adalah Panggung Inohong Jawa Barat.

Grdung itu layaknya Hall Of Fame yang menyimpan profil orang-orang berjasa di Jawa Barta. Para tokoh tersebut tidak hanya yang sudah menginggal tetapi banyak tokoh-tokoh yang masih berkiprah.

Sebut saja Ridwan Kamil, Ustaz Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), penyanyi Bimbo dan Nike Ardila, komedian Kang Ibing, penari Gugum Gumbira, seniman Budi Dalton, seniman Ully Sigar, cendekiawan Ono Purbo, dan pengusaha Arifin Panigoro. Karateka cilik penyulut api PON 2016 Lala Diah Pitaloka pun hadir di sana.

Ada juga para pahlawan sebelum kemerdekaan seperti Bagus Rangin, Inggit Garnasih, RD Dewi Sartika dan Mohamad Toha. Adapun pahlawan setelah kemerdekaan di antaranya Umar Wirahadikusuma dan Otto Iskandardinata.

panggung inohong jawa barat
Panggung Inohong Jawa Barat di Perpustakaan Kawaluyaan. | Foto http://www.jabarprov.go.id/index.php/news/20640/Bapusipda_Jabar_Kini_Punya_Panggung_Inohong

Sedikitnya ada 350 tokoh Jawa Barat yang terpampang. Jumlah tersebut berasal dari seribu tokoh yang telah melewati tahap pembahasan. Namun, seiring dengan perkembangan yang dinamis, tokoh-tokoh yang ada bisa bertambah. Sehingga akan terus dipebaharui.

Panggung Inohong Memiliki Luas 600 Meter Persegi

Ruangan Panggung Inohong Jawa Barat memiliki luas sekitar 600 meter persegi. Layaknya sebuah museum yang menampilkan foto dan patung tokoh pendidikan, seni, politik, kebudayaan, dan pemerintahan Jawa Barat yang berjasa dan terkenal dari era sebelum kemerdekaan hingga sekarang.

Penataan interior dengan desain komunikais secara visual dapat menjadi tempat menarik bagi warga. Foto-foto tokoh terpampang di sepanjang dinding ruangan. Di samping itu ada beberapa monitor layar sentuh yang juga berisi tokoh-tokoh tersebut beserta penjelasannya.

Misalnya ketika melihat foto mantan pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman, pengunjung bisa menyentuh petunjuk yang ada di bawah foto. Pengunung bisa mendapat penjelasan siapa itu Djadjang Nurdjaman.

Perpustakaan Kawaluyaan buka dari Senin-Jumat mulai pukul 08.00 – 21.00. Sedangkan hari Sabtu buka mulai 08.00 hingga pukul 16.00. Waktu istirahat pukul 11.45 – 12.45. Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Barat menyediakan perpustakaan keliling setiap Minggu mulai pukul 06.00-11.30 di di Sabuga/Tegallega.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.