Pabrik Tahu yang Memasok Makanan Enak itu di Bandung

Pabrik tahu terbesar di Bandung beberapa di sentra produksi sentra tahu Cibuntu. Sentra tahu Cibuntu terletak di Jalan Babakan Ciparay, Kecamatan Bandung Kulon, Bandung. Tak jauh dari pintul Tol Pasirkoja, dan Jalan Holis. Mayoritas penduduknya berprofesi sebagai perajin atau produsen tahu. Warga menyebut kawasan tersebut blok tahu.

Sekitar 50 rumah di kampung tersebut memproduksi tahu putih dan kuning. Dalam laman sentraindustribandung.com disebutkan terdapat kurang lebih 408 produsen tahu di Cibuntu. Kapasitas produksi per tahunnya sebanyak 2.161 juta potong. Nilai investasinya mencapai Rp. 13,472 miliar. Bisa menyerap tenaga pekerja sebanyak 1.518 orang.

Pabrik talu lainnya ada di di Jalan Sudirman pun ada pabrik yang memproduksi tahu. Namanya tahu Yun Yi. Tepatnya di Jalan Sudirman No 229. Tidak jauh dari perempatan Astanaanyar, Gardujati, dan Sudirman.

Tahu ini tidak hanya bisa diperoleh di Jalan Sudirman saja, tapi di pasar-pasar pun banyak pedagang yang menjajakannya. Bahkan di pasar-pasar modern pun sudah mudah diperoleh. Tahu Yun Yi sudah mengembangkan sayapnya ke mana-mana.

pabrik tahu cibuntu
Pegawai di pabrik tahu di Cibuntu Bandung sedang memotong adonan tahu. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Pabriknya tahu Yun Yi tidak hanya berada di Jalan Sudirman Bandung, tetapi sudah merambah kota-kota besar di Jawa Barat, dan Jawa Tengah, yakni di di Bogor, Bekasi dan Semarang. Pembukaan pabrik tersebut untuk memudahkan konsumen untuk mendapatkan tahu tersebut.

Masih di Jalan Sudirman ada Pabrik Tahu Talaga Yun Sen. Lokasinya bersebelahan dengan Pabrik Tahu Yun Yi di Jalan Jenderal Sudirman 227, Bandung. Tahu Talaga Yun Sen sudah berdiri sejak 1923. Menurut laman tahutalagayunsen.com, tahu ini merupakan salah satu pabrik tahu tertua di Bandung. Pendirinya adalah Liauw Pak Phin dan Ma llot. Mereka adalah warga Talaga, Cikijing, Majelangka, Jawa barat.

Sekarang pengelolaannya dilanjutkan oleh generasi ketiga, yakni A. Hendra Gunawan dan Vivi Liana. Tahu Talaga Yun Sen sudah 92 tahun berdiri. Mereka terus melebarkan sayapnya dan membuat kedai dengan sebutan Warung Talaga. Konsepnya adalah “Uniquely Tofu”.

Pabrik Tahu di Lembang

Di Lembang ada Pabrik Tahu Tauhid. Pabrik tahu milik pengusaha tahu asal Lembang bernama (Alm) Oteng Junaedi. Tahu buatan Oteng sudah menjadi oleh-oleh wajib bagi wisatawan yang datang ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Setiap akhi pekan dan hari libur gerai tahu ini selalu dipenuhi oleh para turis. Untuk memberikan pelayanan prima, kedai tahu ini membuka gerai kedua di Jalan Sesko AU, tak jauh dari Jalan Cijeruk. Setelah Oteng meninggal dunia, tahu ini diteruskan oleh putranya.

Tahu yang juga berada di kawasan Lembang adalah Tahu Susu Lembang (TSL). Gerai tahu ini berada di Jalan Raya Lembang No.177. Tahu yang mulai beroperasi pada pada 22 Desember 2008 ini menjadi alternatif tujuan wisata kuliner ke daerah penggunungan yang udaranya sejuk.

Tempatnya unik. Pengelola gerai tahu ini membangunnya berbeda dengan gerai pada umumnya. Tahu Susu Lembang dibangun layaknya stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Bila orang ke sana takkan menyangka kalau ternyata di sana berdiri sebuah gerai tahu bukan SPBU. Di sana ada tulisan POM Tahu yang kepanjangannya Pusat Orang Makan Tahu. Itulah drive thru TSL.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.