Onde-onde, Kue Bulat Enak yang Dijual di Bandung

Onde-onde adalah jajanan pasar yang populer. Makanan asal Tiongkok ini mudah didapat, terutama di pasar yang menjual kue-kue basah. Di Indonesia yang terkenal dengan produk kue tersebut adalah Mojokerto. Kota ini pun mendapat julukan kota onde-onde.

Kue yang berbentuk bulat  ini  terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan. Adonannya digoreng atau direbus. Ciri khas makanan ini permukaannya ditaburi/dibalur biji wijen. kue yang berbentuk bulat ini bisanya berisi pasta kacang hijau. Kue ini kalau digigit asin tapi kemudian terasa manis ketika kacangnya tergigit.

Kuei ini  juga ada yang tanpa isi. Permukaannya diberi warna seperti putih, merah, atau hijau. Kue bulat ini  dikenal sebagai onde-onde gandum, yang merupakan makanan  khas dari kota Mojokerto, Jawa Timur.

Onde-onde yang dijual di Bandung kebanyakan yang memiliki isi. Kue ini biasanya dijual di pasar-pasar yang menjual kue basah, seperti di Jalan Buahbatu atau pasar tradisional lainnya. Penjual kue ini pun ada yang berkeliling menawarkannya kepada pelanggan.  Biasanya di toko-toko kue juga menjual kue ini.

Onde-onde di Kircon

Di Bandung ada penjual kue ini  bermerek Aroma Banyumas. Gerainya terdapat di Jalan Kiaracondong No. 3, Jalan Tatasurya Margahayu Raya, dan Jalan Gatot Subroto.

onde-onde
Onde-onde. | Foto serbabandung.com

Merek kue ini yang juga beredar di Jakarta adalah Onde-Onde Istimewa Banyumas dengan merek JN. Pemiliknya adalah Djuni Irawati. Selain di Jakarta, kue ini dijual di Tangerang dan Bali.

Dalam Wikipedia disebutkan kue ini atau jin deui di Cina utara disebut matuan, di daerah timur laut Cina disebut ma yuan, dan di Hainan disebut zhen dai. Zhen dai terkadang dapat disebut sebagai zhimaqiu yang diartikan sebagai bola wijen dalam bahasa Inggris. Di Hong Kong, makanan ini dapat ditemui di hampir seluruh toko kue.

Di Malaysia, onde-onde disebut sebagai kuih bom. Kuih bom biasanya diisi dengan parutan kelapa manis atau kacang, namun ada juga yang diisi dengan pasta kacang merah. Makanan ini pun sangat digandrungi di Vietnam. Namanya bánh cam di Vietnam selatan dan bánh rán di Vietnam utara.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.