Nasi Kuning di Bandung dan Sekitarnya yang Banyak Dicari

DI mana nasi kuning di Bandung yang enak? Tidak sulit mencarinya karena banyak kedai atau tenda yang menjual makanan berat yang biasa disajikan pada malam hari. Sebut saja yang di Jalan Pungkur, di Sumur Bandung,  Cikawao, atau nasi koneng Pasir Koja.

Makanan ini  di Bandung tidak berbeda dengan nasi kuning yang ada di Indonesia. Menurut laman wikipedia makanan ini disebut sebagai  makanan khas Indonesia.  Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama kunyit serta santan dan rempah-rempah. Nasi ini biasa disajikan dengan bermacam lauk-pauk khas Indonesia.

Satu di antara nasi ini di Bandung yang paling diburu adalah yang di Sumur Bandung. Kedainya  sudah berdiri sejak 1996 di Jalan Sumur Bandung. Ada yang unik di sini, pengelolanya menyediakan 10 macam lauk pilihan. Lauk yang tak lazim disajika  dengan nasi seperti ati ampela serta daging giling. Justru kedua lauk ini yang menjadi favorit penyantap nasi tersebut di Sumur Bandung.

Nasi kuning di Bandung yang lain adalah yang  di Jalan Pungkur dekat ITC Kebon Kalapa. Nasi ini pun unik karena bukanya pada malam hari, pukul 19.00. Biasanya nasi kuning disantap saat sarapan. Seporsi Rp 10 ribu  lengkap dengan aneka gorengan yang tersedia.

Sama halnya dengan nasi kuning yang di Pungkur,  Nasi  Pak Endi buka pada pukul 20.00-01.00 WIB. Cocok bagi yang tak bisa tidur dan yang senang begadang. Lokasinya di Jalan Pasirkoja Nomor 114. Penyajiannya  tak hanya  dengan telur iris, kacang, serta bawang, di sini tersedia lauk seperti  telur rebus, semur daging, tahu kuah, serta jengkol.

Kalau Nasi kuning di Bandung yang ini favorit yang sering berolahrga di Saparua. Kedainya berada di depan GOR Saparua. Khas di sini rasa pedasnya, tetapi jika masih kurang pedas penjualnya menyediakan sambal tambahan. Kedai di sini  biasa diserbu warga yang telah kelelahan berolahraga.

Di Cikawao ada kedai penjual nasi tersebut yang tak pernah sepi. Berjualan pada pagi hari, nasi di sini memiliki cita rasa lezat dan membuat ketagihan. Untuk memastikan kebagian sebaiknya datang sebelum pukul 09.00 WIB. Nasi kuning ini banyak penggemarnya sehingga cepat ludesnya.

Nasi kuning di Indonesia merupakan tradisi yang sering dilaksanakan dalam acara-acara besar. Warna  kuning melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Nasi ini sering disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan. *

Nasi Kuning di Bandung

Pungkur
Sumur Bandung
Cikawao
Pasir Koja

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.