Museum Sejarah Bakal Berdiri di Bekas Kantor Dispora Bandung

KANTOR Ex Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan sempat digunakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung bakal disulap menjadi museum sejarah. Kantor Dispora Kota Bandung sendiri telah pindah ke Jalan Tamansari No. 76 di sebelah kantor PDAM.

Gedung yang masuk dalam daftar cagar budaya ini akan menjadi museum sejarah Bandung yang berkonsep interaktif. Mulai dari kepemimpinan Wiranata Kusumah bakal terpampang dalam video komputer interaktif.

Tak hanya melihat sejarah Bandung, di museum sejarah ini pun pengunjung, terutama pelajar, bakal diajak belajar di ruang kelas yang telah disediakan. Pengunjung museum ini pun akan dipandu tour guide digital yang memanfaatkan aplikasi handphone yang bisa diunduh di playstore.

museum sejarah
Museum sejarah bakal berdiri di bekas kantor Dispora Bandung, Jalan Aceh. | Foto serbabandung.com

Tour guide digital ini berupa animasi di layar touchscreen yang menempel di dinding museum. Pengunjung nantinya harus memasang earphone dan membuka aplikasinya. Setelah aplikasinya terbuka secara otomatis terdengar orang yang bercerita melalui earphone.

Di Museum Sejarah Bakal Ada Video Tentang Bandung

Di bagian lain museum sejarah  ini nantinya akan dipamerkan beberapa benda dan foto-foto peninggalan sejarah. Selain itu bakal ada video mengenai Bandung mulai zaman penjajahan Belanda yang bisa diputar.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil merasa harus membangun museum sejarah interaktif tersebut. Menurutnya Bandung sampai saat ini belum memiliki tempat sejarah.

“Orang bingung kalau mau tahu sejarah Bandung. Mau ke mana? Untuk itu kita membuat museum dan Taman Sejarah Bandung,” ujar Ridwan Kamil, Rabu, 17 Agustus 2016.

Taman sejarah sendiri akan dibangun di seberang museum, yakni di bekas lahan parkir Gedung DPRD Kota Bandung. Luasnya mencapai 2.000 meter persegi. Adapun Kantor DPRD Kota Bandung telah pindah ke Jalan Sukabumi.

Di Taman Sejarah bakal dibuat display berkaca, mural, dan relief sejarah Kota Bandung, mulai zaman kepemimpinan Wiranatakusumah hingga Wali Kota Bandung sekarang Ridwan Kamil.

Kepala Bagian Umum dan Peralatan Sekretariat Daerah Kota Bandung Dadang Dharmawan mengatakan pagu anggaran untuk museum dan taman sejarah Rp. 3,5 miliar. Targetnya selesai pada Desember 2016. *

Sumber: 

https://m.tempo.co/read/news/2016/08/17/058796547/kota-bandung-bakal-punya-taman-sekaligus-museum-sejarah

http://regional.kompas.com/read/2016/08/15/20533891/akhir.tahun.bandung.punya.museum.sejarah.kota.bandung

http://jabar.metrotvnews.com/read/2016/08/22/572718/bandung-bangun-museum-dan-taman-sejarah

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.