Mie Kocok di Bandung yang Jadi Buruan Penikmat Kuliner

PENGGEMAR mie kocok kalau ke Bandung pasti menyempatkan mencicipi kuliner khas kota ini di tempat-tempat favorit mereka. Di Bandung memang ada penjual mie kocok yang sudah terkenal ke mana-mana. Ada beberapa, dua di antaranya adalah Mie Kocok Dadeng dan Mie Kocok SKM.

Mie kocok yang terkenal di Bandung adalah Mang Dadeng. Lokasinya berada di Jl. Banteng (KH. Ahmad Dahlan) No. 67, tak jauh dari Hotel Horison dan Rumah Sakit Muhammadyah. Kedai mi ini berdirinya pada 1958.

Mi Mang Dadeng yang laris manis ini terdiri dari mi rebus dan dikocok, ditambah urat atau kikil sapi, sayuran tauge, daun bawang, bawang goreng dan jeruk nipis beserta kuah kaldu sapi. Yang istimewa adalah potongan kikil dari kaki sapi, dan sumsum sapi. Kikil yang digunakan empuk, kenyal dan tebal.

Mi kocok legendaris di Bandung adalah Mie Kocok SKM. SKM merupakan singkatan nama pendirinya, yaitu Sukirman. Kedainya di Jalan Sunda No. 38. Sudah berdiri pada 1970. Mi ini bisa bertahan lama karena tetap mempertahankan kualitas dari segi rasa.

Mi kocok ini menawarkan menu mi kocok biasa yang porsinya sedang. Menu ini dibanderol Rp 25.000. Bagi yang menginginkan porsinya lebih banyak, di sini ada menu mi kocok spesial yang dibanderol seharga Rp 30.000. Harga tersebut mungkin sudah diubah oleh penglolanya.

mie kocok
Mi Kocok Mang Dadeng | Foto serbabandung.com #serbabandung

Di musim libur, kedai ini bisa menghabiskan sekitar 100 mangkuk per harinya. Pelanggan yang sering mendatangi kedai ini tak hanya orang Bandung saja, tapi para pelancong dari luar kota seperti dari Jakarta. Kalimantan, dan Bali.

Mie Kocok di Depan Stadion Persib

Mi kocok di area parkir stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, juga patut dicoba. Kombinasi mi gepeng, tauge, kikil, dan kuah kental, dan taburan bawang goreng sangat menggoda selera penikmatnya.

Mi yang jadi buruan juga berada di Jalan Kemuning No. 20, tepat berada di depan Toko Kue Primarasa. Biasanya wiasatawan yang datang dari berbagai kota menyemmpatkan mencicipi mi setelah berbelanja kue di Primarasa.

Mi Pak Enco layak masuk dalam daftar mi kocok pilihan. Mi ini berada di depan toko Kartika Sari Kebon Kawung. Sajian tulang dan sumsum di dalamnya menjamin lumer di mulut dan jangan kaget kalau ketagihan.

Mi di Karapitan No. 88 Belakang No. 90, bisa menjadi tujuan pecinta mi kocok. Mi kocok seperti pada umumnya mi di sini dicampur tauge , dan kikil. Jika tidak suka kikil pembeli bisa memilih bakso yang telah disediakan.

Mie Subur 69, rumah makan yang terletak di Jl. Suryani Dalam No. 8 Holis, Bandung, juga jangan terlupakan. Mi kocok ini sudah mulai dijajakan pada 1969. Baru pada 1982 mi ini menempat tempat permanen di tempat sekarang. Menu yang ditawarkan di sini adalah mi kocok spesial, campur, komplet (tanpa tulang ), kaki, bakso, dan polos. (*)

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.