Mata Air Campaka, Kolam Renang Alami di Kaki Gunung Kasur

Ingin berenang di kolam renang yang airnya bersumber dari mata air? Datang saja ke kolam renang Mata Air Campaka. Tempat wisata ini berada di kaki Gunung Kasur, Kampung Campaka, Desa Drawati, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung. Airnya yang bersumber dari mata air menjadikan airnya jernih, bening dan segar.

Pelancomg yang datang ke sini bisa menikmati dinginnya air di kolam berukuran 6 × 5 meter dan kedalaman 1,5 meter. Kolam yang terbuka ini membuat pelancong bisa berenang sambil menikmati hijaunya persawahan, pepohonan dan bukit yang ada di sekitar kolam.

Kolam yang ada sekarang merupakan hasil renovasi pengelola. Tadinya kolam yang bersumber dari mata air ini digunakan oleh warga untuk mencuci, mandi, dan lain-lain. Kolam ini dikelola oleh pemerintah desa dan warga.

Lokasi kolam renang ini berada di persawahan. Ketika akan menuju ke kolam teraebut pelancong harus melewati persawahan yang ditata secara terasering. Dari kolam renang juga pelancong bisa menyaksikan perkampungan di kawasan Campaka.

Pelancong harua berjalan ke tempat wisata tersebut sejauh 100 meter dari permukiman warga. Kendaraan yang dibawa bisa dititipkan ke rumah warga di sana. Untuk menikmati sejuknya mata air Campaka pengunjung harus membayar Rp 5.000 untuk pengembangan.

Mitos Mata Air Campaka

mata air campaka
Kolam renang mata air Campaka, Kampung Campaka, Desa Drawati, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung. | Foto http://www.balebandung.com/tag/mata-air/

Kolam renang Mata Air Campaka memiliki mitos yang berkembang di masyarakat sekitar. Dalam mitos tersebut dipercaya mata air ini tak pernah surut maski pada musim kemarau. Volume air di kolam itu tak pernah bertambah dan berkurang dan tak pernah keruh.

Sumber mata air ini berada di dalam hutan di atas kolam dan tak boleh dimasuki oleh siapa pun, apalagi menjamahnya. Di atas kolam juga, tepatnya di Kampung Cijagra ada tempat yang dikeramatkan. Konon di sana terdapat gentong besar berwarna cokelat serupa dengan gentong yang ada di dasar kolam.

Lokasi tempat mata air sudah lama menjadi tempat untuk mencari keberkahan hidup. Yang datang ke sana bukan hanya warga lokal, tetapi ada yang datang yang datang dari Banten dan daerah lainnya untuk mandi di sini.

Untuk ke Mata Air Campaka Rute bisa melalui rute Jalan Bojongsoang, Jalan Siliwangi Baleendah, Ciparay, Jalan Cipaku, Citayem, dan Campaka. Rute lainnya bisa melalui Pintu Tol Keluar Cileunyi, Rancaekek, Majalaya, Paseh, Mekarpawitan, Drawati, dan Campaka/Citayem.

Tempat wisata ini buka pukul 07.00 – 17.00. Bagi pengunjung yang berniat mencari keberhakan mata air ini buka 24 jam. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.