Masjid Junudurrahman, Masjid Dekat GOR Saparua


HUJAN masih menguyur Kota Bandung, Minggu (18/9). Masjid Junudurrahman Kodiklat TNI AD di Jalan Sumbawa masih ramai oleh jemaah yang baru saja melaksanakan salat asar. Mereka tidak lantas meninggalkan masjid karena hujan cukup lebat.

Di belakang masjid yang bertegel beberapa orang selonjoran, ada yang tiduran, ada yang memandang kosong ke arah luar masjid ini, ada juga yang membaca komik atau buku. Di sebelah tangga yang menuju ke lantai dua terdapat bedug yang ukurannya cukup besar.

Masjid Junudurrahman
Masjid Junudurrahman. | Foto serbabandung.com

Di dalam masjid masih ada jemaah yang sedang salat dan mengaji. Sore itu masih banyak jemaah yang menyempatkan salat asar di masjid ini. Mereka ada yang berjalan kaki, berkendara roda empat, dan yang naik sepeda motor. Para jemaah ini berburu waktu dengan waktu asar yang terus melaju.

Masjid Junudurrahman masih berada dalam  Kompleks Kodiklat TNI AD. Di kompleks ini terdapat cagar budaya yang dikenal dengan sebutan Gedung Jaarbeurs. Gedung itu dulunya tempat pameran yang menjadi penarik wisatawan dari mancanegara.

Masih di kompleks ini juga terdapat gedung yang biasa digunakan untuk resepsi pernikahan. Sore itu juga terlihat umbul-umbul di gerbang kompleks ini. Biasanya Masjid Junudurrahman dijadikan tempat akad nikah oleh mempelai yang berjanji setia selamanya.

Di seberang masjid ini terdapat Gedung Olahraga Saparua yang saat itu sedang ada pertarungan atlet judo Indonesia untuk berebut medali di ajang PON. Tak jauh dari masjid terdapat Taman Musik dan Taman Lalu Lintas. Markas Kodam III Siliwangi juga tak jauh dari sekitar sini.

Masjid Junudurrahman Diresmikan pada 28 April 2000

Masjid Junudurrahman diresmikan pada 28 April 2000. Dalam prasasti di bagian belakang masjid ini tertera tanda tangan Direktur Yayasan Jamiah Ar Rahman  Abdullah Saidbaharmus. Di samping kirinya terdapat tanda tangan Komandan Kodiklat  Letnan Jenderal  TNI Sumardi. Masjid ini pernah direnovasi pada 2 Januari 2003.

Beristirahat setelah menunaikan ibadah di sini benar-benar nyaman. DKM menyediakan dua buah dispenser di bagian belakang dan depan lengkap dengan gelas dan sendok plastik. Bagi yang suka kopi tinggal menyeduhnya, juga disediakan teh celup merek terkenal.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.