Kuliner Murah yang Khas Cirebon di Kawasan Braga Bandung

Ingin menikmati kuliner murah,  khas, dan enak di kawasan Alun-alun dan Braga Bandung? Silakan coba tahu gejrot. Kuliner khas dari Cirebon ini di Bandung mudah sekali mendapatkannya, seperti di kawasan Alun-alun dan Braga. Penjual tahu ini menjajakan jualannya di trotar-trotoar.  Mereka datang ke sana dengan cara memikul bakul jualannya.

Sperti yang terlihat di Jalan Braga, Senin (18/6/2018) malam, tepatnya di dekat Bank bjb, penjual kuliner murah khas Cirebon ini tak henti melayani pembeli. Dia terus mengulek bumbu dan memotong-motong tahu untuk pembeli.

Pembeli tahu ini ada yang membeli satu  hingga lima porsi. Satu porsi tahu gejrot di sini Rp 10.000. Setiap porsi berisi empat tahu seukuran tahu sumedang yang dipotong dibagi empat.

Suasana malam itu di Jalan Braga masih terlihat ramai. Sepasang remaja tampak memesan kuliner murah khas ini di depan Bank bjb. Mereka memesan dua porsi yang kemudian mereka nikmati sambil duduk di trotoar jalan. “Dua-duanya pedas, ya,” kata pria yang memesan kuliner murah khas Cirebon ini.

kuliner murah tahu gejrot
Tahu gejrot, kuliner murah khas Cirebon di Jalan Braga. | Foto serbabandung.com

Setelah melayani pasangan remaja, penjual tahu ini melayani pembeli yang datang sekeluarga. Kali ini penjual tahu harua membuat lima porsi dengan tingkat kepedasan yang berbeda-beda. Ada yang pedas, sedang, dan tidak pedas. Pembeli yang ini menikmati tahu di dekat patung hutuf Braga di dekat Bank bjb.

Penjual tahu gejrot biasanya akan memberikan pilihan rasa kepada pembelinya, yakni pedas, sedang, dan tidak pedas. Setelah itu mengulek bumbu di tempat yang disebut layah. Layah adalah piring yang terbuat dari tanah liat. Untuk menikmatinya pembeli tidak menggunakan sendok melainkan tusuk yang terbuat dari bambu berukuran tusuk gigi.

Tahu gejrot adalah tahu goreng yang dipotong kecil yang  diberi bumbu hasil ulekan. Bumbu tersebut adalah cabai, bawang putih, dan  bawang merah. Selain bumbu, tahu juga dibubuhi saus gula merah dan sedikit garam tergantung permintaan. Saua ini juga yang memhuat tahu gwjrot rasanya sangat khas.

Tahu  gejrot telah menyebar ke kota-kota besar, seperti Jakarta, Malang, Depok, Surabaya, termasuk Kota Bandung. Pedagang tahu gejrot menjajakan daganganya di kota ini menggunakan pikulan, menggunakan roda, dan ada yang digendong. Mereka biasanya mangkal di pingigir-pinggir jalan.

Kuliner Murah yang Banyak Penjualnya

Di Bandung selain di kawasan Alun-alun dan Jalan Braga, tahu gejrot dijual di  Car Free Day Dago. Bahkan makanan ini sudah dijual  di pusat jajanan serba ada  (pujasera)  atau food cort. Seperti di Paskal Foodmarket di Jalan Pasir Kaliki. Di sana  ada kedai yang menjual makanan ini.

Di Jalan Kliningan, di depan SMKN 4 juga ada pedagang tahu gejrot. Makanan khas Cirebon ini di sini banyak dipesan oleh para remaja. Pujasera di sana sudah terkenal sebagai tempat nongkrong para remaja.

Menurut Pikiran-Rakyat.com, populasi pedagang tahu gejrot di Bandung  bertambah terus hingga mencapai 120 persen  pada 2012. Sampai tahun 2010-2011, pedagang tahu gejrot di Kota Bandung hanya berkisar 40-an orang. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.