Kuliner Balonggede Menawarkan Beragam Makanan

Banyak pilihan bagi warga Bandung untuk menyantap kuliner jalanan, seperti di Cikapundung Timur, Kebonjati, Burangrang, atau di Jalan Pungkur. Sekarang ada pilihan lain bagi pecandu kuliner jalanan selain yang telah disebutkan di atas. Lokasinya ada di Jalan Balonggede. Namanya Wisata Kuliner Pelangi. Tempat ini diresmikan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Kamis (8/2).

Wisata kuliner Balonggede ini tak jauh dari pendopo Kota Bandung. Posisinya ada di belakang tempat parkir di sebrang samping pendopo. Warga yang ingin berkunjung bisa masuk dari Jalan Dewi Sartika. Kemudian belok kanan ke arah pendopo.

Tepat di depan mulut jalan tersebut sudah terlihat gapura yang menunjukkan bahwa tempat tersebut adalah lokasi Wisata Kuliner Pelangi. Warna gapura tersebut dicat warna khas Kota Bandung, yakni kuning, biru, dan hijau.

Wisata Kuliner Pelangi Balonggede berada di trotoar sepanjang 400 meter di sebelah kiri jalan dari arah Pendopo. Adapun trotoar di sebelah kirinya sengaja dikosongkan untuk pejalan kaki dan dipasang bangku serta meja.

kuliner balonggede
Wisata Kuliner Pelangi di Jalan Balonggede, Bandung. | Foto serbabandung.com

Lapak-lapaknya tampak berwarna seragam, yakni kuning, biru, dan hijau. Di Pikiran Rakyat disebutkan keberadaan lapak-lapak rersebut ditata secara gotong royong menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR). Dana CSR diperoleh dari sumbangan para pengusaha di sekitar Balonggede, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Ada 41 Kios di Kuliner Pelangi Balonggede

Sebanyak 41 kios lengkap dengan meja dan kursi siap dikunjungi pukul 07.00-22.00 WIB. Beragam makanan tersedia di sana, mulai dari ayam goreng, seblak, cilok, satai, hingga minuman cokelat. Harga-harganya pun relatif murah.

Kios-kios makanan di kawasan Balonggede ini sebetulnya sudah ada sejak lama. Tempat tersebut tak hanya dikunjungi oleh warga Bandung, ternyata sering juga didatangi wisatawan asing, seperti dari Malaysia dan Thailand.

Ridwan Kamil menginginkan penataan PKL di sana seperti yang pernah dia lakukan saat menata pedagang kaki lima (PKL) Gasibu, Cihampelas, Jalan Merdeka, dan Dayang Sumbi. Sudah 15 titik PKL yang telah ditata.

Penataan PKL di Cihampelas disebut-sebut paling berhasil. Untuk memindahkan PKL di sepanjang jalan tersebut Pemkot membangun sky walk yang disebut Teras Cihanpelas. Di sana banyak produk-produk yang ditawarkan termasuk juga makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.