Kue Balok, Kue Tradisional yang Masih Disukai

KUE balok adalah makanan tradisional yang tak pernah dilupakan oleh penggemarnya. Kue yang berbentuk balok ini tidak tergerus oleh makanan-makanan moderen yang berasal dari luar negeri. Bahkan belakangan  semakin banyak bermunculan pedagang kue ini di kafe dan di kedai-kedai. Namun dari puluhan atau mungkin ratusan pedagang kue ini hanya beberapa yang cukup populer.

Di Pajagalan salah satunya. Kue balok di pertigaan Jalan Astanaanyar dan Jalan Pajagalan ini melayani pelangganan yang sengaja datang ke sana. Pelanggannya  dari berbagai kalangan,  mulai dari ibu-ibu yang baru pulang dari pasar, sampai orang yang  bermobil.

Pedagang kue balok di Jalan Moh Toha. | Foto serbabandung.com #serbabandung
Pedagang kue balok di Jalan Moh Toha. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Asep menjajakan dagangannya bukan di kafe atau di kedai, tapi di gerobak. Di atas gerobak tersebut terdapat  cetakan. Untuk membakar kue balok, Asep membutuhkan arang. Cara memasak kue ini sangat unik, adonan yang dibakar ditutup lagi oleh sebuah alat yang berisi arang membara di atasnya.

Asep membuka gerobak dagangannya mulai pukul  04.00 hingga pukul 10.00 pagi.

Kue balok lainnya di Bandung berada di Jalan Abdul Rahman Saleh. Kue  ini sudah eksis sejak 1960-an. Jongkonya buka dari sore sampai malam hari, kecuali hari Minggu.  Rasa yang tersedia mulai dari cokelat, keju, stroberi dan masih banyak lagi.

Harga satu kue di sini  dibanderol dengan Rp 1.500 sedangkan minumannya dibanderol dengan Rp 2.000.

Kue ini  juga ada  di dekat warung sate Cihapit, Jalan Cihapit, Bandung. Namanya kue Balok Mang Uju.  Kue  Mang Udju adonannya kental karena tidak menggunakan air. Satu-satunya sumber cairan untuk mengencerkan adonan adalah dari susu murni fresh. Bahan-bahan lainnya adalah terigu, telor, gula murni, dan pengembang.

Meskipun sudah dingin dan disimpan selama satu hari, tekstur kue  ini tetap lembut tak mengeras. Tinggal hangatkan saja di microwave atau pan, kue  Mang Udju bisa disantap seperti saat membeli.

Kedai Kue Balok Cihapit juga ada di Jl Cicalengka raya Antapani, dan JL Ganeca (ITB).

Harga yang ditawarkan Mang Udju Rp.1.250 per buah dan yang bertoping Rp.1.500 per buah. Sedangkan minuman berkisar Rp.4.000 – Rp. 5.000.*

Kue Balok di Bandung

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.