Koleksi Museum Geologi yang Bisa Dinikmati Pengunjung

Bagi yang akan berwisata ke Museum Geologi di Jalan Diponergoro No 57. sebaiknya baca ulasan di bawah ini. Di tulisan ini akan tersaji Koleksi Museum Geologi yang terdiri dari berbagai batuan, fosil, mineral. Pengunjung akan disuguhi terbentuknya bumi dari zaman ke zaman.

Di mulai dari ruang geologi Indonseia. Ruangan ini berada di sayap sebelah barat. Koleksi Museum Geologi yang tersaji di ruangan ini berupa peraga asal mula bumi, struktur dan pergerakan kerak bumi, batuan dan mineral, pelapukan dan erosi, geologi pulau-pulau di Indonesia, gunungapi dan kars. Di ruangan ini pun tersedia video interaktif.

Setelah puas di ruangan tersebut pengunjung bisa masuk ke ruangan di sayap sebelah timur. Ruangan ini menyimpan koleksi Museum Geologi berupa sejarah kehidupan. Ruangannya ini memperlihatkan zaman Pra-Kambrium dan Paleozoikum, Mesozoikum, Kenozoikum yang terdiri dari Zaman Tersier dan Zaman Kuarter.

koleksi museum geologi
Koleksi Museum Geologi yang disimpan di halaman. | Foto serbabandung.com

Di ruangnan ini pun ada sudut dunia fosil berupa peragaan dan informasi yang disajikan. Bagi yang ingin mengetahui informasi tentang sejarah terbentuknya kota Bandung di sini lah tempatnya. Di sini terdapat peninggalan artefak dan fauna yang hidup di kota Bandung.

Koleksi Museum Geologi di Lantai 2

Koleksi Museum Geologi belum habis. Kali ini pengunjung bisa masuk ke ruang sumberdaya geologi. Ruangan di lantai 2 sayap sebelah timur ini menyediakan 8 sudut peragaan yaitu pengenalan Sumber Daya Geologi, Mineral Logam, Mineral Non-Logam, Batu Mulia, Minyak dan Gas Bumi, Batubara, Panasbumi dan Sumber Daya Air.

Ruangan yang terdapat di lantai 2 sayap sebelah barat menyajikan informasi pemanfaatan sumber daya geologi dari zaman ke zaman yang dimulai dari zaman pra sejarah, zaman sejarah dan zaman modern, serta informasi tentang bencana geologi (Gempabumi, Gunungapi, Tanah Longsor dan Tsunami).

Untuk melihat koleksi Museum Geologi pengunjung harus melakukan resevasi terlebih dahulu. Meseum ini buka pada Senin-Kamis pukul 08.00-16.00 dan Sabtu-Minggu pukul 08.00-14.00. Hari Jumat dan libur nasional libur. Harga tiket Rp 3.000.

Museum ini didirikan pada 16 Mei 1928, dan pernah direnovasi dengan dana bantuan dari JICA (Japan International Cooperation Agency). Megawati Soekarnoputri, yang ketika itu sebagai Wakil Presiden, berkesempatan meresmikan museum pascarenovasi padal 23 Agustus 2000.

Sumber tulisan: http://museum.geology.esdm.go.id/profil/ruang-peragaan

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.