Ada Bungker di Gedung Kantor PT KAI Dekat Viaduk

KAWASAN Viaduk Bandung menyimpan pesona. Selain tentu saja viaduk yang membentang di atas jalan dan Sungai Kapundung, kemudian dua patung pejuang karya Sunaryo, di sana ada bangunan yang masuk dalam cagar budaya di kota ini. Gedung tersebut kini digunakan untuk Kantor  PT KAI. Kantor tersebut merupakan kantor pusat.

Di depan gedung itu dekat pintu gerabang berdiri monumen Tedi. Tedi adalah nama lokomotif TD 1002. Lokomotif ini sengaja dipajang di sana. Lokomotif ini produksi tahun 1926 dan terakhir digunakan pada 1970.

Kantor PT KAI, Jalan Perintis Kemerdekaan
Kantor Pusat PT KAI, Jalan Perintis Kemerdekaan, Bandung. |Foto serbabandung.com #serbabandung

Monumen ini diresmikan pada 28 september 2009 bertepatan dengan hari ulang tahun ke-64 kereta api. Lokomotif ini diresmikan oleh Komisaris Utama PT KAI Budhi Mulyawan dan Direktur Utama PT KAI Ignasius Jonan. Jonan sekarang menjadi Menteri Perhubungan.

Kantor pusat PT Kereta Api Indonesia pindah dari Jakarta ke Bandung pada 1916. Saat pindah nama perusahaannya masih Staatsspoorwegen (SS) milik pemerintah kolonial. Kantor pusat SS menempati bangunan di Jalan Gereja (sekarang Jalan Perintis Kemerdekaan).

Pemindahan tersebut terkait rencana pengalihan ibu kota dan pusat komando militer Hindia Belanda ke Bandung. Perusahaan milik negara lainnya yang berpusat di Bandung adalah PT. Telkom, PT. Pos Indonesia, PT. DI, dan PT. Perkebunan Nusantara VIII.

Laman fikreatif.com menyebut bangunan yang menjadi Kantor Pusat PT KAI sebelumnya adalah hotel yang bernama Grand National. Fikreatif.com menyebut hotel ini berdiri akhir abad ke-19. Hotel ini tempat menginap para pembesar pemerintah Hindia Belanda ketika berkunjung ke Bandung.

Bangunan ini direbut Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) dari pemerintahan Jepang. Peristiwa pengambilalihan terjadi pada 28 September 1945. Setelah itu terbentuklah Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI). DKARI kemudian menjadi PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) setelah sebelumnya beberapa kali berganti nama.

Bangunannya masih kokoh sampai sekarang seperti di bagian tengah yang sebelumnya berfungsi sebagai hotel. Bagian ini merupakan bangunan yang pertama kali dibangun. Ciri khas kontruksinya terbuat dari beton, pintu dan jendela menggunakan besi baja. Di gedung ini juga terdapat bungker yang dalamnya mencapai  7 meter. Bungker ini digunakan untuk  gudang dan tempat perlindungan perang.

Untuk mengenang para pejuang DKARI, di halaman bangunan ini terdapat monumen nama-nama karyawan yang ikut berjuang mempertahankan kemerdekaan. *

Fakta Gedung Kantor  PT KAI

  • Kantor pusat PT Kereta Api Indonesia pindah dari Jakarta ke Bandung pada 1916.
  • Laman fikreatif.com menyebut bangunan yang menjadi Kantor Pusat PT KAI sebelumnya adalah hotel yang bernama Grand National.
  • Bangunan ini direbut Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) dari pemerintah
  • Di gedung ini juga terdapat bungker yang dalamnya mencapai  7 meter. Bungker ini digunakan untuk  gudang dan tempat perlindungan perang.

Bahan Tulisan:  Pikiran Rakyat edisi Minggu 30 September 2012
http://fikreatif.com/2011/12/01/kantor-pusat-pt-kereta-api-edisi-bandung/

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.