Kampung Pasir Kunci, Destinasi Wisata Kreatif di Ujungberung

PASIR Kunci adalah kampung wisata kreatif di Kelurahan Pasir Jati, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung. Lokasinya berada di kaki Gunung Manglayang. Kampung ini merupakan perbatasan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

Pasir Kunci berada di ketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut. Kondisi ini memungkinkan pengunjung bisa menikmati pemandang Bandung dari ketinggian dari Pasir Kunci. Cocok untuk berswafoto berlatar belakang Kota Bandung.

Hamparan sawah yang pematangnya tertata menjadi pemandangan tersendiri. Jauh mata memandang lautan bangunan di Kota Bandung pun bisa terlihat dari sini. Tower kembang Masjid Raya Badung Raya Provinsi Jawa Barat pun bisa terlihat samar dari kampung tersebut.

Letaknya yang berada di ketingginggian bisa memberikan ketenangan dan kesejukan bagi pengunjung. Selain menikmati pemandang dan udar sejuk, pengunjung bisa menikmati pertunjukan kesenian dan permainan tradisional. Kampung ini bisa menjadi primadona tujuan wisata di Bandung Timur.

Untuk menuju ke sana harus melalui jalan menanjak. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Jalan AH Nasution (Jalan Raya Ujungberung). Hanya 2 Km dari Pasar Ujungberung, melalui Jalan Nagrog kemudian ke Pasir Kunci.

Suasana Sejuk di Kampung Pasir Kunci

kampung pasir kunci
Pergelaran kesenian di Kampung Pasir Kunci. | Foto humas.bandung.go.id

Suasana sejuk mulai terasa dari jarak beberapa ratus meter sebelum sampai di Kampung Pasir Kunci. Pemandangan Gunung Palasari dan Gunung Manglayang tampak terlihat jelas, meski kadang tertutup kabut yang tipis.

Kampung Pasir Kunci diresmikan Wali Kota Bandung Oded M. Danial, Rabu (31/12/2018).

“Alhamdullilah, saya senang tempat wisata di Kota Bandung bertambah. Ini akan menjaga perekonomian Kota Bandung. Selain itu, saya yakin dengan adanya tempat ini kebudayaan akan lestari. Permainan tradisional anak-anak kini bisa ditemukan di sini,” kata Oded seusai meresmikan Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci, Rabu (31/10).

Oded mengatakan, kampung Kreatif Wisata Pasir Kunci menjadi jawaban bagi masyarakat Kecamatan Ujungberung dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Pemkot Bandung selalu berusaha untuk menyediakan tempat bermain untuk anak-anak.

Tak hanya menyediakan tempat bermain, melalui kampung ini Oded optimistis, budaya dan permainan tradisional yang ada di Kecamatan Ujungberung akan semakin berkembang. Sehingga akan semakin menjadi kebanggaan Kota Bandung.

“Melihat kondisi seperti ini, budaya dan permainan tradisional di Kecamatan Ujungberung akan menjadikan kebanggan Kota Bandung. Dan hal itu, akan membuat Kota Bandung semakin juara,” jelas Oded.

Bahan tulisan humas.bandung.go.id

 

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.