Kampung Kreatif di Bandung yang Mengundang Para Pelancong

BANDUNG memiliki kampung kreatif yang layak menjadi tempat wisata. Kampung-kampung yang terbentuk berkat kreatifitas warganya ini memiliki keistimewaan bervariasi. Ada kampung kreatif mengusung kebudayaan, mural, dan kerajinan.

Di Sentra sepatu Cibaduyut misalnya terdapat kampung kreatif perajin sepatu. Kampung perajin sepatu ini berada di RW 03 Kelurahan Cibaduyut. Pusat aktivitas bengkel sepatu tersebut letaknya di belakang toko-toko sepatu. Yang menjadi daya tarik kampung ini adalah wisatawan dapat menyaksikan secara langsung proses para perajin sepatu bekerja.

Kampung perajin sepati di Cibaduyut ini menyajikan beberapa tema yang bisa dilihat. Temanya berdasarkan peran perajin dalam membuat sepatu. Ada yang hanya membuat sol sepatu, mengolah kulit, sampai menjahit sepatu.

Di kawasan Dago ada Kampung Kreatif Dago Pojok. Lokasinya berada di Jalan Dago Pojok, Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong. Kampung ini selain ditata dengan cat warna-warni di setiap dinding rumah, ada kegiatan yang mengajak wisatawan untuk mengenal kebudayaan Sunda.

Di kampung ini wisatawan bisa berkeliling melihat mural di dinding rumah warga. Mural tersebut di antaranya sudah menggunakan teknologi augmented reality. Pemandangan itu merupakan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Mural Augmented Reality merupakan spot menarik untuk berfoto.

kampung warna-warni kampung kreatif
Kampung kreatif Cibunut Berwarna di Jalan Sunda, Bandung. | Foto serbabandung.com.

Saat berkeliling di Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok wisatawan bisa menyaksikan beragam atraksi kesenian yang dibawakan oleh anak–anak hingga dewasa di kampung tersebut. Kesenian yang ditampilkan di antaranya tari jaipong, calung, pencak silat, permainan anak tradisional, dan keterampilan lain.

Kampung Kreatif Wisata Sablon

Tak banyak yang tahu di Bandung punya Kampung Wisata Sablon. Kampung ini berada di Muararajeun RW 05, Kelurahan Cihaurgeulis, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung. Lokasinya masuk ke sebuah jalan di tepi Jalan Surapati atau kawasan Suci yang lebih dulu terkenal lewat sentra sablonnya.

Kampung Wisata Sablon merupakan tempat komunitas yang menciptakan satu wilayah ekonomi mandiri tingkat RW serta meciptakan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar wilayah RW 05. Komunitas di Kampung Wisata Sablon adalah perajin usaha sablon kaus. Mereka bekerja mulai dari proses mentah hingga menjadi sebuah produk unggulan daerah.

Bandung masih memiliki kawasan habitat burung-burung liar. Namanya Kampung Rancabayawak. Di sini burung blekok berterbangan kemudian hinggap di pohon-pohon yang berada di kawasan tersebut. Burung-burung tersebut setiap sore datang ke sarangnya dan pergi lagi pada pagi harinya. Sebuah pemandangan yang langka di sebuah kota metropolitan yang terus menggerus lahan-lahan pertanian.

Kampung Rancabayawak berada di Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, menjadi kampung kreatif di kawasan Bansung timur. Akses ke tempat ini bisa melalui Jalan Soekarno Hatta kemudian belok ke Gedebage di simpang Gedebage.

Kampung Akustik Cicadas merupakan kampung seni di Jalan Cicadas Pasar 2 RW 04, Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul. Dulu, di sini banyak dihuni oleh pengamen. Daya tarik kampung ini adalah hampir seluruh warganya mahir memainkan alat musik gitar.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.