Kampung Kreatif Dago Pojok Tawarkan Wisata Budaya Buat Wisatawan

SEBELUM ada kampung warna-warni di Cibunut, di Bandung, sudah ada kampung wisata. Namanya Kampung Kreatif Dago Pojok. Lokasanya berada di Jalan Dago Pojok, Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Kampung ini tak sekadar warna-warni, tapi ada kegiatan yang mengajak wisatawan untuk mengenal kebudayaan Sunda.

Tengok saja setiap akhir pekan Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok ada program “ope trip” bagi wisatawan. Program ini merupakan perjalanan berkeliling kampung melihat mural di dinding rumah warga. Mural tersebut di antaranya sudah menggunakan teknologi augmented reality. Pemandangan itu merupaka daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Mural Augmented Reality merupakan spot menarik untuk berfoto.

Wisatawan saat berkeliling di Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok bisa menyaksikan beragam atraksi kesenian yang dibawakan oleh anak–anak hingga dewasa di kampung tersebut. Kesenian yang ditampilkan di antaranya tari jaipong, calung, pencak silat, permainan anak tradisional, dan keterampilan lain.

Di kampung ini wisatawan pun bisa mengikuti workshop, seperti berpartisipasi melukis mural, proses pembuatan wayang, pembuatan alat musik bambu, pembuatan kertas tradisional dari pohon saeh, dan bisa ikut terlibat bermain permainan anak tradisional.

Pemandangan Indah dari Kampung Kreatif Dago Pojok

Kampung Kreatif Dago Pojok
Kampung Kreatif Dago Pojok. | Foto https://portal.bandung.go.id/posts/2017/05/22/JVyv/kampung-kreatif-dago-pojok

Saat berkeliling wisatawan bisa menyaksikan pemandangan khas Dago yang hijau. Di san masih bisa terlihat hamparan sawah. Termasuk Sungai Cikapundung yang bermuara di Sungai Citarum. Sejauh mata memandang pengunjung bisa melihat Curug Dago yang terkenal hingga ke negara tetangga Thailand.

Kampung ini menawarkan paket kuliner khas Jawa Barat, yakni nasi liwet. Yang ingin berbelanja suvenir ada gerai-gerai yang bisa dikunjungi. Suvenir yang ditawarkan adalah produksi dari warga. Jika wisatawan tertarik untuk menginap di sana tersedia homestay yang disediakan.

Kampung kreatif ini digagas oleh Rahmat Jabaril, warga setempat yang peduli lingkungan tempat tinggal. Dia menyebarkan virus kreatif kepada warga lainnya membangun lingkungan mereka menjadi nyaman dan menyenangkan. Berkat bantuan Pemkot Bandung dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok secara perlahan mulai dikela para wisatawan.

Untuk mendapatkan informasi terbaru bisa menghubungi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar di Jalan R.E Martadinata No 209, Kota Bandung, Jawa Barat, atau telepon ke (022) 7273209. *

Bahan tulisan: tempatwisatadibandung.info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.