Jajanan Khas Bandung yang Kaya Rasa dan Diburu

DI Bandung banyak jajanan yang khas dan tentu saja lezat dicicipi. Jajanan khas Bandung ini banyak macamnya. Ada yang terbuat dari aci, pisang, oncom, tempe, ataupun makanan yang terbuat dari bahan kue. Apa saja jajanan khas Bandung tersebut? Berikut penjelasannya.

Jajanan khas Bandung yang satu ini adalah goreng oncom. Makanan ini telah populer sejak lama. Gorengan oncom biasnya bisa diperoleh di pusat oleh-oleh makanan, seperti di Pasar Kosambi, Leuwipanjang, Pasteur, dan tempat lainnya.

Goreng oncom yang paling terkenal di Bandung adalah oncom raos. Jajanan khas Bandung ini sudah sejak 40 tahun lalu. Lokasi tepatnya berada di Jalan Cihampelas 91 B. Yang dijual di sini tak hanya oncom, tetapi ada aneka keripik, sale pisang dan bermacam manisan.

 jajanan khas Bandung
Cilok, jajanan khas Bandung. | Foto serbabandung.com

Jajanan khas Bandung selanjutnya adalah Cimol atau aci diemol-emol (dibulat-bulat). Penjualnya biasanya mejajakan dagangannya di kaki lima. Rasanya gurih dan kenyal. Untuk menambah rasa biasanya penjual menyediakan bumbu seperti bumbu pedas, keju, rasa buah-buahan dan lain-lain.

Jajanan khas Bangdung yang masih berbahan aci adalah cilok atau aci dicolok (ditusuk). Makanan kas ini sudah ada sejak tahun 1980-an. Penyajian cilok biasanya dengan bumbu kacang yang kental. Sekarang cilok banyak rasanya. Penjual cilok serakang memodivikasi makanan ini menjadi lebih kaya rasa.

Cireng atau aci digoreng adalah jajanan khas Bandung yang tadinya dijual di sekolah-sekolah. Harganya relatif murah. Penyajian penganan ini biasanya cireng dibumbui dengan bumbu kacang kental, atau ada juga cireng yang di dalamnya sudah diisi bumbu, seperti bubum oncom, kacang atau yang lainnya.

Piscok, Jajanan Khas Bandung

Pisang cokelat juga menjadi favorit warga Bandung. Orang Bandung menyingkat nama makanan ini menjadi piscok. Pisang colekat adalah pisang yang telah dilamuri cokelat kemudian dibalut kulit lumpia. Piscok pasnya disantap saat masih hangat bersama teh atau kopi.

Kue cubit adalah jajanan yang sudah lama tetapi kembali menjadi favorit setelah muncul keu cubit hasi modivikasi. Penjual kue cubit yang sekarang mulai tersebar di tempat keramaian di kota ini. Mereka  menawarkan kue cubit berbagai rasa seperti kue cubit oreo, toblerone, atau rasa green tea. Jenis kue cubit rasa baru itu sangat diburu. *

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.