Hutan Pinus Rahong, Tempat Wisata Alam Dekat Situ Cileunca

Hutan Pinus Rahong adalah tempat wisata dekat Situ Cileunca. Tempat wisata alam ini menawarkan pesona hutan pinus. Pesonanya tidak kalah dari hutan-hutan pinus di kawasan Lembang, seperti di Cikole. Hutan Rahong berada di Desa Rahong, Kecamatan Pangalengan.

Tempat wisata hutan pinus ini berada di pinggir jalan raya membuat para pengunjung tidak terlalu sulit untuk menjangkaunya. Jalan untuk ke hutan ini searah dengan ke Situ Cileunca, namun berbelok kanan ketika pengendara menemukan persimpangan jalan di sana.

Pecinta wisata alam takkan keliru memilih Hutan Rahong karena kawasannya masih hijau dan asri. Pepehonan pinus yang besar dan tinggi membuat udara di sana sangat sejuk. Suasananya pun sangat tenang karena jauh dari keramaian.

Hutan Pinus Rahong memiliki fungsi sebagai kawasan resapan. Selain untuk tempat wisata, Hutan Rahong merupakan penghasil geta pinus yang disadap dan dijual untuk keperluan industri dan kesehatan.

hutan pinus rahong
Hutan Rahong. | Foto 
https://www.instagram.com/p/BPT20BrFAKb/?taken-by=kawasanhutanpinusrahong

Kawasan Hutan Ponus Rahong cocok menjadi tempat outbound. Di kawasan wisata tersebut terdapat fasilitas outbound mulai dari kegiaatan downhill, trekking, painbal, archery war, flying fox, tea walk hingga off road dll.

Kawasan wisata hutan pinus rahong di Pangalengan ini tadinya merupakan area publik yang bebas dikunjungi. Setelah kawasan ini resmi menjadi tempat rekreasi dan wisata, pihak pengelola Perhutani dan swasta menyediakan beberapa areal wisata yang mengharuskan pengunjung membeli tiket masuk.

Hutan Pinus Rahong Tempat Outbound Mengasyikkan

Kampung Singkur adalah satu di antara tempat wisata yang berada di Hutan Pinus Rahong. Terdapat fasilitas yang bisa dimanfaatkan para pelancong di sini. Selain menikmati ketenangan hutan pinus, bisa memanafaatkan fasilitas wisata seperti river tubing, area kemah, wahana tangkap ikan anak, dan lain-lain. Untuk masuk ke Kampung Singkur, pengunjung harus bayar Rp 10.000 per orang.

Kemudian ada Camping Ground Tapak Tiara. Kawasan tempat kemping berada di Hutan Pinus Rahong. Selain untuk bekemping, tempat ini menyediakan wahana flying fox, painball batle, papan panjat, hiking track, rest area, dan lain-lain. Untuk masuk ke area ini tidak dipungut biaya, namun pengunjung harus mengeluarkan biaya untuk parkir kendaraan Rp 2.000 – Rp 5.000.

Area wisata lainnya adalah Area Turtle. Fasilitas wisata i area turtle ini diantaranya paintball battle, flying fox serta tempat istirahat.

Bahan tulisan tempatwisatadibandung.info

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.