Hotel Bumi Sawunggaling, Lokasinya Dekat Kampus ITB dan Dago

Hotel Bumi Sawunggaling adalah salah satu hotel yang menempati bangunan zaman Belanda. Gedungnya dibangun pada 1920, bersamaan dengan pembangunan Kampus ITB. Hotel ini berada di Jalan Sawunggaling No. 13.

Pengelola Hotel Bumi Sawunggaling pernah mendapat penghargaan Bandung Heritage Award pada 2011. Paguyuban Pelestarian Budaya Bandung atau Bandung Heritage ini memberikan penghargaan tesebut karena pemilik atau pengelola berhasil melestarikan bangunan tersebut.

Hotel Bumi Sawunggaling yang terletak di pertigaan Jalan Tamansari dan Jalan Sawunggaling ini sebelum menjadi hotel lebih dikenal dengan sebutan Dacosta Boulevard. Penghuni awalnya adalah instruktur ITB berkebangsaan Belanda, Merv Bosch Jacobs.

hotel bumi sawunggaling
Hotel Bumi Sawunggaling yang terletak di pertigaan Jalan Tamansari dan Jalan Sawunggaling, Bandung. | Foto bumisawunggaling.com

Bangunan yang kemudain menjadi Hotel Bumi Sawunggaling ini sempat menjadi penampungan para instruktur ITB yang terusir dari kediamannya oleh tentara Jepang yang berkuasa pada 1942. Tiga tahun kemudian, setelah Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, gedung tersebut berpindah tangan ke pemerintah Indonesia.

Hotel Bumi Sawunggaling pernah menjadi asrama putri mahasiswi ITB hingga 1959. Saat itu gedungnya bernama Dames Internat. Selama tiga puluh lima tahun, Bumi Sawunggaling digunakan sebagai asrama putra ITB, atau lebih dikenal dengan sebutan Rumah E.

Bumi Sawunggaling berubah fungsi lagi pada Januari 1997. Rektor ITB, Wiranto Arismunandar mengubah Rumah E menjadi Wisma Tamu ITB. Setahun beroperasi, Wisma Tamu ITB ditingkatkan pelayanannya menjadi hotel. Pada 28 April 1998, Bumi Sawunggaling resmi menjadi hotel.

Sekarang  Sawunggaling Hotel menyediakan 22 kamar untuk para tamunya. Kamar-kamar tersebut terdiri dari Suite and Junior Suite Room, 10 Deluxe Rooms, dan 9 Superior Rooms. Di sini juga tersedia 2 ruang pertemuan, yakni Taman Sari Meeting Room yang berkapasitas maksimal 50 orang dan Siliwangi Meeting Room yang bisa menampung 60 orang.

Lokasi Hotel Bumi Sawunggaling termasuk strategis. Hotel ini hanya beberapa meter dari Kampus ITB dan hanya butuh tidak lebih dari lima menit berjalan kaki ke kawasan Ir H Juanda atau Dago. Sedangkan ke Jalan LLRE Martadinata hanya membutuh waktu 10 menit dengan menggunakan mobil. *

Hotel Bumi Sawunggaling Rooms & Rates

  • Sawunggaling Suite Rp. 945.000
  • Junior Suite Priangan Rp. 810.000
  • Deluxe Suite Rp. 650.000
  • Superior Room Rp. 520.000

Sumber:http://www.bumisawunggaling.com
http://info.pikiran-rakyat.com/direktori/hotel-bintang/kota-bandung/bumi-sawunggaling

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.