Goyobod Kliningan yang Gokil

GOYOBOD adalah minuman yang menyegarkan asal Garut. Minuman sudah tersebar ke mana-mana. Di Kota Bandung saja sudah banyak yang menjual. Mulai dari yang kaki lima hingga masuk ke hotel-hotel berbintang.

Soal asal usul goyobod bila melihat dari mesin pencari Google, ternyata banyak versinya. Ada yang bilang goyobod itu berasal dari Garut. Ada juga yang menulis Goyobod itu buatan orang Bandung, tapi saat peristiwa Bandung Lautan Api pembuat Goyobod itu pindah ke Garut.

Goyobod Kiliningan, Jalan Kliningan, Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung
Goyobod Kiliningan, Jalan Kliningan, Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Di Garut sendiri ada pedagang goyobod yang sudah tersohor, yakni di kawasan Alun-Alun Garut, sebelah Rutan Garut dan Jalan Pajajaran. Goyobod ini sering diserbu orang-orang luar Garut pada hari libur. Goyobod juga ada di kawasan sentra kerajinan kulit Sukaregang, di Jalan Rumah Sakit depan kantor Arsip Garut, di sekitar Simpang Lima, dan Pemda.

Nah, di Bandung juga ada pedagang goyobod yang sudah terkenal ke mana-mana. Namanya Gokil alias Goyobod Kiliningan. Posisi tepatnya Jalan Kliningan B-9 Bandung. Tak jauh dari Jalan Buahbatu. Dekat sekolahan, SMKN 4, persis di seberang pintu gerbangnya.

Pembeli Goyobod Kliningan ini kebanyakan pelajar. Kawasan Jalan Kliningan yang dekat dengan lokasi beberapa sekolah menjadikan tempat ini jadi tongkorongan pelajar setelah pulang sekolah. Harganya yang terbilang murah Rp 5.000 membuat para pelajar tidak sulit untuk merogoh kantongnya. Harga tersebut kemungkinan bisa berubah tergantung pengelola.

Tenda tempat Gokil tadinya hanya sebuah halaman sebuah rumah.  Namun setelah Goyobopd Kliningan ini maju melesat, pedagang-pedagang lain bermunculuan, seperti tahu gejrot, batagor, lumpia, dll. Kawasan yang tadinya perumahan ini telah berubah menjadi pusat jajanan serba ada (Pujasera).

Menurut citizenmagz.com perintis Goyobod Kliningan ini adalah Abah. Berdagang sejak 5 maret 2000, kini Abah bisa bisa menjual 2.000-3.000 gelas per harinya. Lebih luar biasa saat bulan Ramadan, goyobod ini bisa terjual dua kali lipat, mencapai 5.000 gelas per harinya.

Goyobod sendiri adalah campuran dari hunkue yang dibuat kotak-kotak, serutan kepala, sirop, dan serutan es. Yang membuat goyobod ini terasa berbeda dengan es campur lainnya adalah campuran roti yang dimasukkan ke dalam campuaran tadi. Goyobod biasanya disajikan untuk takjil saat berbuka puasa pada bulan Ramadan. *

Gokil, Goyobod Kliningan

  • Jalan Kiliningan B-9 Bandung
  • Tak jauh dari Jalan Buahbatu
  • Dekat sekolahan, SMKN 4, persis di seberang pintu gerbangnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.