Gelato, Es Krim Ala Italia yang Juga Bisa Dinikmati di Bandung

Gelato adalah es krim khas Italia. Sebenarnya gelato adalah Bahasa Italia untuk es krim. Namun sajian ini menjadi menu dessert tersendiri. Bahannya terdiri dari susu, gula, kuning telur, dan air. Biasanya pengerjaannya home made sehingga bahannya lebih dinamis. Bisa saja peraciknya menambahkan bahan yang baru, atau bisa juga menghilangkan bahan yang biasanya digunakan.

Dikutip dari Kompas.com rasa es krim Italia ini tak tajam di lidah. Teksturnya juga padat. Rasa susunya lebih terasa. Kandungan lemaknya sangat rendah. Hingga saat ini belum ada standar baku berapa kisaran lemak yang tepat agar sebuah olahan bisa disebut gelato. Tapi, sejauh ini rata-rata kisaran lemaknya di bawah 10 persen dan yang berkualitas tinggi bahkan hanya mengandung 1-3 persen lemak.

Di Bandung, sekarang sudah ada kafe-kafe atua gerai yang menjual es krim asal Italia ini. Di Manager Terminale Gelato misalnya. Kafe tersebut berada di Living Plaza Dago, Jalan Ir H Juanda. Es krim asal Italia di sini dibuat dengan bimbingan chef asal Italia, sehingga rasanya cukup autentik. Ada 24 varian rasa yang dirotasi secara berkala. Disajikan dalam empat macam cup, yakni cup 80 mililiter (ml), 120 ml, 180 ml, dan 260 ml. Bisa juga disajikan menggunakan cone, ukurannya sebanding dengan cup berkapasitas 120 ml.

gelato
Ilustrasi gelato. | Foto en.wikipedia.org

Untuk menambah rasa es krim Italia di sini ada yang dikombinasikan dengan buah-buahan, atau bahan yang lain. Ada  banana caramel waffel. Menu ini lebih disajikan bersama pisang, waffel, dan vanila. Selain itu, sajian dingin ini dikombinasikan dengan beragam minuman, seperti smoothies, affog ato, dam lemon tea.

Gelato di PvJ

Penyuka es krim asal Italia bisa juga bisa datang ke Zaza Resto di Paris van Java atau PVJ Jalan Sukajadi. Di sini tersedia berbagai rasa, seperti rasa strawberry atau cookies n cream. Ada juga rasa lain, yakni nutella, yoghurt blueberry dan juga Italian sombrero. Jangan lupakan juga gelato ala Bandung rasa doger dan Bandoeng.

Di Zaza Resto, pengunjung diberikan kebebasan untuk mencoba beberapa rasa gelato sebelum memutuskan untuk membeli. Harga gelato di sini dibanderol dengan Rp 25.000. Harga tersebut belum tentu sama karena sewaktu-waktu bisa diubah oleh pengelola Zaza Resto.

Di Jalan Bengawan ada Let’s Go Gelato. Lokasinya masih menyatu dengan Papyrus Foto. Bangunannya dua lantai. Pengunjung di sini bisa memilih tempat di lantai dasar atau lantai atas. Di sini banyak rasa yang ditawarkan, seperti rasa buah kiwi, blackberry cheesecake, rasa after eight, lets go red velvet, vanila, snickers, skippy, almond, thai tea, nuttela, milo, honey milk dll.

Sebelum menentukan pilihan pengunjung di Let’s Go Gelato bisa mencoba beberapa rasa.  Es krim ala Italia di sini bisa disajikan di cup atau di cone. Untuk mendapatkan es krim Italia di sini kadang pengunjung harus antre. Namun antreannya biasanya tidak terlalu panjang, jadi pengunjung tidak harus berlama-lama menunggu untuk mendapatkan sajian menyegarkan tersebut. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.