Gedung Pikiran Rakyat Dibangun Pada 1920

KANTOR Harian Pikiran Rakyat di Jalan Asia Afrika 77  termasuk dalam daftar cagar budaya. Gedung ini merupakan hasil karya arsitek C.P. Wolff Schoemaker. Dibangun  pada 1920 bergaya  arsitektur Neo Klasik  yang terlihat dari bentuk atap berperisai (Helm Roof).

Bangunan yang memiliki luas 671.00m2 ini dulunya adalah  sebagai kantor de Kock, Sparkes & Co pada 1920-an. Sekitar sepuluh tahun menjadi kantor Autohandel Mascotte (1930-an) dan pada 1950-an ditempati Mascotte Trading Co.

Pada 1971, bangunan ini dimiliki PT Pikiran Rakyat Bandung. Menurut  laman info.pikiran-rakyat.com tidak ada perubahan signifikan untuk gedung itu. Hanya interiornya saja  yang disesuaikan dengan keperluan dan perkembangan zaman.

Perusahaan ini juga membeli bangunan di sebelahnya yang semula milik Garuda Indonesia di Jalan Asia Afrika 71, 73, dan 75 pada 2004. Pada 2014 kantor redaksi juga pindah ke sini setelah kantor di Jalan Soekarno Hatta terbakar, Sabtu (4/10/2014).

Redaksi Pikiran Rakyat Sehari-harinya Berkantor di Jalan Soekarno Hatta

Kantor Pikiran Rakyat di Jalan Asia Afrika Bandung |Foto serbabandung.com
Kantor Pikiran Rakyat di Jalan Asia Afrika Bandung | Foto serbabandung.com

Sebelum terbakar, redaksi Pikiran Rakyat sehari-harinya berkantor di Jalan Soekarno Hatta, Sedangkan kantor yang di Jalan Asia Afrika digunakan untuk keperluan bisnis, seperti untuk pemasangan iklan.

Koran ini  adalah sebuah surat kabar yang diterbitkan di Bandung, Jawa Barat. Surat kabar ini didirikan pada 24 Maret 1966. Surat kabar ini dibesarkan oleh Atang Ruswita, wartawan senior. Koran ini memiliki slogan Dari Rakyat, Oleh Rakyat, Untuk Rakyat.

Harian Umum ini  diterbitkan oleh PT. Pikiran Rakyat Bandung dengan Surat Izin Usaha Penerbitan Pers (SIUPP) No. 035/SK. MENPEN/SIUPP/A.7/1986 tanggal 11 Februari 1986 dan dicetak pada PT Granesia Bandung. *

Data dan Fakta

  • Pada 1920 gedung yang sekarang ditempati Harian Pikiran Rakyat dibangun
  • Gedung ini merupakan hasil karya arsitek C.P. Wolff Schoemaker
  • Arsitekturnya bergaya Neo Klasik yang terlihat dari bentuk atap berperisai (Helm Roof)
  • Bangunannya memiliki luas 671.00m2
  • Pada 1920-an gedung ini digunakan oleh kantor de Kock, Sparkes & Co.
  • Pernah menjadi kantor Autohandel Mascotte (1930-an)
  • Pada 1950-an ditempati Mascotte Trading Co.
  • Pada 1971, bangunan ini dimiliki PT Pikiran Rakyat Bandung
Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.