Fablab Bandung Tempat Bekumpul Mengembangkan Kreativitas

Fablab atau Fabrication Laboratory adalah laboratorium untuk belajar dan bermain yang membentuk lingkungan untuk mendorong pengembangan desain. Fablab Bandung berdiri pada Februari 2015 dan berada di Jalan Kopo No 78, Bangunan Gusto Lantai 2. Fabrication Laboratory ini disponsori oleh Gusto Advertising Company.

Sama dengan Fablab lainnya di seluruh dunia, Fablab Bandung mengikuti rancangan jaringan lab dari Fabrication Laboratory, yang memiliki konsep edukasi yang memacu inovasi dan mendorong perkembangan kewirausahaan lokal. Fablab Bandung berfungsi sebagai sarana untuk belajar, berkumpul, dan membentuk komunitas yang mendorong pengembangan kreativitas.

Fablab Bandung terdiri dari crew,volunteer dan member. Laboratorium ini terbuka untuk multidisiplin ilmu, baragam latar belakang. Mereka punya satu tujuan yakni membuat inovasi dan solusi berbagai aspek khusuhnya dalam hal design, produk dan teknologi.

Secara umum, Fablab berfungsi untuk membuat prototype teknis untuk memacu inovasi dan penemuan, sekaligus memberi stimulus bagi kewirausahaan lokal. Di Fablab lah selalu tercipa situasi kondusif untuk mempelajari semuanya.

Konsep Fablab Bandung

fablab bandung
Fablab Bandung di di Jalan Kopo No 78, Bangunan Gusto Lantai 2, Bandung. | Foto http://www.Fablabbandung.org/

Fablab menerapkan konsep open access dan open design dalam seluruh kegiatan dan produk yang dibuat. Konsep open access sendiri bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kesempatan bagi masyarakat untuk mengakses teknologi fabrikasi.

Adapun open design memiliki tujuan memberikan kesempatan bagi komunitas Fablab terlibat membantu pengembangan desain produk. Konsep ini juga mendorong orang-orang yang tergabung di seluruh jaringan komunitas Fablab untuk mendokumentasikan langkah-langkah dan proses produksi produk mereka, dan saling berbagi serta membantu antar sesama komunitas Fablab di seluruh dunia.

Konsep tersebut diharapkan bisa menciptakan situasi belajar dan mengajar yang kondusif, di mana sesama anggota dapat mengembangkan desain yang dibuat oleh anggota lainnya.

Fabrication Laboratory (Fablab), pertama kali diteliti oleh Neil Gershenfeld dari Center for Bits and Atom, Massachussets Institute of Technology (MIT) Boston, USA pada tahun 2001. Dimulai sejak tahun 2005, hingga saat ini jumlah Fab Lab berkembang hingga 1.168 lab di seluruh dunia. *

Sumber Tulisan: http://www.Fablabbandung.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.