Es Campur di Bandung yang Menyegarkan dan Banyak Dicari

ES campur adalah minuman segar yang banyak dijual di Kota Bandung. Campuran buah-buahan yang ditaburi serutan es dan dilaburi susu serta pemanis membuat minuman ini menyegarkan. Apalagi kalau dinikmati saat siang hari dan dalam keadaan kehausan. Mau tahu es campur yang menyegarkan di mana saja?

Es Oyen adalah es campur yang paling dicari. Kedai es ini ada di mana-mana, meski penggemarnya akan tetap ke Jalan Sukajadi dan Jalan Sederhana, tempat pertama kali yang menggunakan merek Es Oyen. Es Oyen memang menyegarkan dan harganya relatif terjangkau oleh semua kalangan

Secara kasat mata es campur Oyen terdiri dari berbagai macam buah-buahan yaitu alpukat, kelapa muda, pacar cina, kolang kaling, nangka. Kemudian diberi es serut dan susu kental manis. Di kedai Es Pak Oyen tak hanya menjual minuman tersebut  saja melainkan ada jajanan dan makanan lain seperti ayam goreng, ayam bakar, tongseng kambing, sate, batagor kuah, batagor kering dan lain-lain.

Agak jauh dari Jalan Sukajadi,  Oyen buka cabang i Jalan Banteng (Jalan K. H. Ahmad Dahlan) No. 65, Lengkong, Kota Bandung. minuman tersebut di sini tidak jauh berbeda dengan minuman tersebut dari daerah lainnya. Hanya saja minuman tersebut ini lebih menggunakan bahan tape atau akrab disapa peyeum oleh Orang Sunda. Satu porsinya terdiri dari campuran berbagai bahan seperti sekoteng, kelapa muda, tape singkong, potongan buah nangka, dan alpukat.

es campur pa oyen
Es campur Pa’ Oyen, Jalan Sukajadi, Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Es Campur di Kawasan Burangrang

Di kawasan Burangrang, tepatnya di Jalan Halimun ada Es Campu Putri. Minuman  ini sudah ada sejak 1980-an. Kedai Es Campur Putri berada di halaman rumah kuno bergaya Belanda. Satu porsi Es Campur Putri terdiri dari kolang-kaling, kelapa muda, potongan buah nangka, cincau, kolang-kaling, roti tawar, dan alpukat.

Di Cafe Warisan di Jalab LLRE Martadinata, meniuman tersebut patut dicoba. Uniknya minuman tersebut di sini menambahkan daun pandan dalam campurannya. Campuran dalam es tersebut ada cincau, pacar cina, alpukat, kelapa muda, nagka dan selasih. Tak lupa aroma vanila dalam es tersebut sehingga semakin menggugah selera.

Penggemar es tersebut bisa juga datang Kedai Ayam Bakar Simpang. Kedai ini selain menyajikan menu favorit ayam bakar juga menyediakan menu lain, satu di antaranya adalah es campur. Es yang disajikan di sini tak jauh berbeda dengan minuman tersebut lainnya. Kedai Ayam Bakar Simpang berada di di Jalan Siliwangi, Baleendah, Kabupaten Bandung.

Demikian kedai-kedai es campur yang bisa terangkum. Apabila masih ada yang terlewat silakan tambahkan di boks komentar, terima kasih.

Sebagian bahan dikutip dari Tribun Jabar

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.