Donat Buatan Lokal yang Rasanya Tak Kalah Lezat

DONAT adalah makanan dari Amerika. Penganan yang berbentuk cincin ini banyak disukai di Kota Bandung. Kehadiran Dunkin’ Donut disambut antusias pada 1990-an. Begitu juga ketika merek lain J.Co Donuts pada 2000-an muncul. Kedua merek ini hingga sekarang masih menguasai pasar donut di kota ini.

Di tengah persaingan kedua merek itu muncul  buatan lokal. Jenisnya beragam ada donat madu, yang terbuat dari ubi, ada  juga  yang bentuknya tidak menyerupai cincin, dan lain-lain. Mereka memasarkannya ada yang waralaba dan yang konvensional. Pasarnya pun menggembirakan.

Sebut saja donat kentang dan ubi ungu Dy and Dy di Jalan Prof Eyckman No 36. Donat ini sudah ada sejak 2009. Pemiliknya Eddie Kurnianto berinovasi menambahkan kentang, ubi ungu, ubi cilembu, atau oreo ke dalam adonannya. Proses membuatnya tidak melalui pemanggangan di dalam oven melainkan digoreng. Harga per satuan Rp 5.000.

donat
Nico Donut. | Foto
https://www.instagram.com/p/2p3c0pB0jM/?taken-by=nicodonuts90

Donut berbahan yogurt pengganti susu full cream dijual di Taman Cibaduyut Indah E-22 dan di Jl. Kopo Katapang Km 13,5. Oleh karena berbahan dari yogurt, donat ini rendah lemak. Pemiliknya mengklaim inovasi ini yang pertama di Indonesia. Varian yang dijual di antaranya oreo dark, banana cheese, tiramisu, dan rainbow raspberry. Harganya Rp 50.000 per lusin, Rp 26.000 per 1/2 lusin, dan satuan Rp 4.500.

Nico Donuts di Jalan Garuda No 90A Bandung. Donut ini menjual topping beragam ada rasa almond, stroberi, blueberry, cokelat, oreo, mocca, mint, keju cair, dan keju parut. Di kedainya ada tempat nongkrong yang dilengkapi wifi gratis. Harganya pun relatif terjangkau.

Donat Dinosaurus

Kalau yang ini bentuk donut-nya berbeda dengan yang lain. Namanya Dino Donuts. Donut-nya berbentuk dinosaurus lucu. Tak hanya bentuk, teksturnya empuk namun tidak kempes. Donut yang mulai beroperasi sejak Desember 2015 ini berlokasi di Jalan Sabang no 1A Bandung. Awalnya pengelola donat ini melayani penjualan lewat online via Instagram dengan akun @dinodonuts.

Donat Madu Cihanjuang lain lagi. Keistimewaannya rendah kadar gula. Rasanya empuk. Harga jualnya yang terjangkau membuat usaha donut madu ini terus berkembang. Gerai ini mulai beroperasi pada Mei 2010.

Donat Madu Cihanjuang menawarkan beragam varian topping seperti Abon, Almond, Durian Pisang, Choco Crispy, Chocolate, Keju, Lemon dan lain. Harga satuan Rp 4500, Rp 27ribu per ½ lusin dan Rp 50 ribu per lusin. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.