Curug Cimahi atau Rainbow Water Falls yang Memesona

Rainbow Water Falls dulunya lebih kesohor dengan sebutan Curug Cimahi. Curug atau air terjun ini terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Air terjun ini dikelola oleh Perhutani KPH Bandung Utara Divisi Regional Jawa Barat dan Banten.

Curug Cimahi berada di ketinggian sekitar + 72 meter. Ketinggian tersebut menjadikan air terjun ini menjadi salah satu curug tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya. Pengelola curug ini berinovasi untuk memikat para pengunjung memberikan hiasan lampu warna-warni di dalam air terjun. Selain itu disediakan 2 (dua) buah view deck untuk para pengunjung berswafoto.

Pengelolan Curug Cimahi untuk membenahi tempat wisata tersebut sempat ditutup hingga dibuka kembali pada Desember 2014. Gagasan tersebut datang ADM Perhutani KPH Bandung Utara Wismo Tri Kuncoro. Wismo mengadopsi konsep salah satu wisata air terjun di negara bagian Colorado Amerika agar curug yang dikelolanya terlihat indah.

Konsep wisata air terjun ini dirancang sedemikian rupa, sehingga menghadirkan pertunjukan air layaknya sinar pelangi. Eksotisme The Rainbow Waterfall semakin terasa oleh pengunjung yang turun ke bawah yang menuruni anak tangga. Di sana butiran air terjun akan menerpa wajah dan pengunjung sekaligus bisa melihat pemandangan warna-warni air.

curug cimahi
Curug Cimahi. | Foto rainbowwaterfallsbandung.com

Kawasan curug ini adalah habitat hidup satwa liar dilindungi yakni kera ekor panjang (Macaca fascicularis). Kera-kera ini pernah dikabarkan secara bergerombol turun ke jalan pada pagi dan sore hari. Binatang tersebut berusaha mencari makan turun pada pagi dan sore hari.

Nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi. Destinasi wisata ini berjarak kurang lebih 10 kilometer dari Kota Cimahi ke arah Lembang atau 20 kilometer dari Kota Bandung.

Curug Cimahi Buka Pukul 08.00-21.00

Curug Cimahi buka pada pukul 08.00-21.00. Tiket masuk sebesar Rp 15 ribu untuk siang hari dan Rp 17 ribu pada malam hari. Namun harga tiket tersebut bisa saja telah berubah sesuai kebijakan pengelola.

Bagi wisatawan yang menggunakan bus sebaiknya melalui Jalan Setiabudi kemudian belok ke Jalan Sersan Bajuri, depan Terminal Ledang ke arah Kampung Gajah kemudian ke Jalan Kolonel Masturi.

Ke curug ini pun bisa melalui arah Cihanjuang dan Parongpong (Taman Kupu-kupu) arah ke Lembang atau bisa melewati Cihideung (Taman Bunga Cihideung) menuju arah Cisarua. Rute dari kota Cimahi, pengunjung bisa melalui Jalan Kolonel Masturi ke arah Universitas Advent Indonesia menuju terminal Parongpong.

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.