Command Center Ala Bandung di Balai Kota

KOTA Bandung kini memiliki ruang khusus Command Center. Dari sinilah para petugas bisa memantau lalu lintas, atau kermaian kota. Apapun bisa terpantau, termasuk melanggar lalu lintas di trafic light.

Command Center berada di Kompleks Balai Kota. Anggaran untuk membangun fasilitas ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menghabiskan anggaran Rp 27 miliar. Pembangunan fasilitas ini akan dilakukan dalam tiga tahap.

Yang baru ditinjau Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Senin (19/1) adalah hasil kerja tahap pertama. Emil, sapaan Ridwan Kamil, mengaku puas melihat hasil pengerjaan tahap pertama. Emil mengaku ide membangun commond center tersebut saat mengadakan kunjungan ke Korea dan Jepang.

Command Center Kota Bandung. | Akun youtube DiskominfoBdg
Command Center Kota Bandung. | Akun youtube DiskominfoBdg

Command Center itu dilengkapi tiga layar monitor jumbo yang terkoneksi dengan internet dan kamera CCTV. Terpasang di sejumlah titik. Tiga layar monitor layar sentuh juga tersimpan di meja khusus untyuk komandan Command Center. Di sana juga tersedia sejumlah komputer, ratusan tombol, dan masih banyak lagi.

Menurut Emil, seperti dikutip Tribun Jabar, Senin, 19 Januari 2015, ada 68 unit kamera CCTV yang tersebar di sejumlah titik di Kota Bandung. Dari jumlah tersebut baru 20 kamera yang langsung bisa diaksen oleh Command Center.

“Kejadian di jalanan akan termonitor dari sini. Jika ada pelanggaran, petugas di sini akan menghubungi petugas di lapangan. Di lapangan, petugas terdekat bisa segera mengambil tindakan,” ujar Emil dikutip Tribun.

Dalam peninjauan itu orang nomor satu Kota Bandun ini sempat memperhatikan monitor yang tersambung kamera CCTV yang berada di perempatan Jalan Buahbatu-Jalan Soekarno Hatta.

Disebutkan markas Command Center itu nantinya akan digawangi 15 orang yang berstatus non-PNS. Para petugas ini masih dalam tahap seleksi. Menurut Emil, seleksi harus dilakukan karena orang yang bertugas nanti harus orang yang pintar.*

Sumber: Tribun Jabar

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!