Cilok Enak di Bandung, Ada Cilok Mozzarella dan Cilok Lainnya

Cilok adalah makanan khas Bandung yang terbuat dari aci. Penganan ini adalah aci yang berbentuk bulat dikukus kemudian ditusuk dan disajikan bersama saus bumbu kacang. Rasa bumbunya bisa pedas bisa juga tidak. Cilok enak di Bandung itu banyak, namun ada beberapa yang patut dicoba.

Satu di antara cilok enak di Bandung ada di Jalan Sekeloa No 31. Namanya Kafe Mochilok. Dii kafe ini penyajian ciloknya berbeda dengan penjual cilok lainnya di Kota Bandung. Cilok enak di Bandung yang disajikan Kafe Mochilok adalah cilok mozzarella yang tidak hanya dikukus dan diberi bumbu kacang, tetapi juga dibakar.

Cilok dibakar di atas pembakaran daging selama tiga menit hingga berubah warna menjadi kecokelatan. Saat dibakar cilok diolesi bumbu barbecue. Penyajian cilok khas Kafe Mochilok menjadi salah satu cilok enak di Bandung karena taburan keju mozzarella yang dibakar oleh alat khusus sehingga melelah.

cilok enak di bandung
Cilok. | Foto serbabandung.com

Cilok enak di Bandung yang terbungkus keju meleleh ini dihidangkan bersama saus pedas, mayonaise, dan cracker. Pengunjung bisa menikmati dua tusuk cilok mozzarella yang terdiri dari tiga butir cilok dalam setiap porsinya.

Kafe Mochilok menyediakan cilok enak di Bandung lainnya, yakni cilok kukus, cilok goreng, cilok bakar, dan cilok kuah. Ada juga cilok original bumbu kacang, cilok sambal goang cabai rawit, cilok goreng tepung panir, dan cilok kuah dengan potongan tetelan.

Cilok Enak di Bandung Lainnya

Di Bandung juga ada cilok goang. Cilok ini sebetulnya aslinya dibuat oleh orang Tasikmalaya, tetapi kemudian menyebar hingga ke Kota Bandung. Di Bandung, Cilok Goang ada di Jalan Terusan Buahbatu depan Griya Supermarket, Cilok Goang Widyatama Jalan Cikutra No. 153, dan Cilok Goang Masbro Jalan Gatot Subroto No. 255.

Cilok Goang tidak dicolok (ditusuk) tapi disajikan dalam mangkuk diberi kuah bakso. Selain itu dalam penyajian ada tambahan lain seperti pangsit, tahu, ceker, siomay, dan tulang ayam. Kuah yang di dalamnya sudah terisi campuran cilok dan yang lainnya bisa ditambahkan saus untuk menambah kenikmatan saat menyantap cilok ini. Sebetulnya sambalnya tidak terlalu beda rasanya dengan sambal cilok yang beredar selama ini di Bandung.

Cilok enak di Bandung asal Tasik ini memberikan pilihan menu, di antaranya Cilok Goang spesial yang di dalamnya terdiri dari pangsit, tahu, ceker, siomay, dan tulang ayam. Ada juga Cilok Goang original yang  berkuah yang dilengkapi dengan pangsit, tahu, ceker, dan siomay.

Cilok Goang juga menjual cilok bumbu kacang. Cilok ini orisinal. Dari segi penyajian dan bumbunya, cilok ini seperti cilok-cilok lainnya yang dijual di Bandung. Menu lainnya cilok balodo. Kalau dari namanya cilok ini pasti pedas. Cilok ini adalah cilok goreng dilamuri bumbu balado. *

Bagikan kalau Anda menyukai informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.